Salin Artikel

Soal Kasus Stunting di Kota Malang, Dinkes: Yang Tinggi di Kecamatan Lowokwaru

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, angka 9,6 persen didapatkan berdasarkan pengecekan kepada 39.000 anak. Pengecekan dilakukan dengan membandingkan tinggi badan dan umur anak.

Husnul mengatakan, sebanyak 57 kelurahan dari lima kecamatan di Kota Malang terdapat anak-anak penderita stunting.

Wilayah Kecamatan Lowokwaru, seperti Kelurahan Ketawanggede, Kelurahan Sumbersari, Kelurahan Merjosari, dan Kelurahan Tlogomas, disinyalir menjadi daerah penyumbang tertinggi angka stunting di Kota Malang.

"Rata-rata hampir semua ada, cuma angka stuntingnya ada yang dua koma berapa persen, tiga koma berapa persen. Yang tinggi di Kecamatan Lowokwaru misalnya di Ketawanggede, Sumbersari, Merjosari, Tlogomas, angka stuntingnya di atas 10 persen," kata Husnul saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Dinkes Kota Malang berupaya meminimalkan angka stunting menuju zero atau nol. Salah satunya, dengan memberikan makanan tambahan untuk memperbaiki gizi balita penderita stunting.

"Yang belum stunting, kemudian dilakukan juga surveilans bulan timbang setiap bulannya, sehingga jangan sampai ada calon stunting baru yang indikator berat badannya di garis merah," katanya.

Pemkot juga telah menetapkan tim percepatan penurunan stunting (TPPS) melalui SK Wali Kota Malang.

TPPS bertujuan mengkoordinasikan, menyinergikan, dan mengevaluasi, penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif.

"Ketuanya ada Pak Wakil Wali Kota, wakilnya ada tim penggerak PKK, kemudian ada dari Dinas Sosial dan Dinkes, juga melalui peran Lurah untuk memberi perhatian khusus ke warganya yang kena stunting," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/10/140032578/soal-kasus-stunting-di-kota-malang-dinkes-yang-tinggi-di-kecamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke