Salin Artikel

Sederet Fakta Bayi Meninggal Usai Diajak Naik Motor Tegal-Surabaya, 12 Jam Perjalanan dan Pesan Pelatih Persebaya

KOMPAS.com - Seorang bayi berusia enam bulan asal Tegal, Jawa Tengah, meninggal usai diajak berkendara selama 12 jam pakai motor ke Surabaya, Jawa Timur, oleh orangtuanya untuk menonton pertandingan sepak bola.

Aji Santoso, pelatih Tim Persebaya Surabaya, merasa prihatin dan ungkapkan bela sungkawa.

"Tentunya saya sangat berbelasungkawa dengan anaknya yang meninggal," ujar dia, seperti dikutip dari TribunJatim.com.

"Jangan fanatik yang akhirnya menimbulkan satu kerugian apalagi nyawa, jadi menurut saya perlu berhati-hati lagi," kata dia.

Perjalanan 12 jam

Dilansir dari KompasTV, kisah malang balita itu sempat viral usai diunggah akun Twitter @jungkangFamily. Namun, usai viral di media sosial, unggahan tersebut telah dihapus.

Dari unggahan tersebut, suami istri berinisial FJ (38) dan RA (34), asal Tegal, Jawa Tengag, mengaku mengajak anak mereka menonton laga Persebaya Surabaya melawan Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Mereka berangkat dari Tegal pada hari Sabtu (30/7/2022) pukul 17.38 Wib. Dalam perjalanan, mereka sempat singgah untuk beristirahat di beberapa kota.

Mereka pun tiba di Surabaya pada Minggu (31/7/2022) pukul 07.15 WIB. Setelah itu, akun tersebut menceritakan kondisi anak mereka yang mengalami sesak napas dan batuk.

"Anak saya batuk-batuk semacam ada dahak, napas agak sesak. Kemudian dibawa ke RS Ewa Pangalila daerah Gn Sari," katanya dalam unggahan tersebut.

"Dan dirujuk ke RSAL di sini awal malapetaka, karena ternyata mengeluarkan ambulance itu susah meski judulnya kami pasien rujukan. Akhirnya kami bawa sendiri dgn motor," tulisnya lagi.

Kondisi lemah

Sementara itu, dilansir dari Tribunnews.com, pasangan suami istri berinisial FJ (38) dan RA (37), sempat menceritakan, kondisi bayi mereka yang sangat lemah. Upaya dokter untuk menolong bayi mereka pun sia-sia. 

"Kena lampu merah di depan DTC Wonokromo dan kepalang sepur (kereta) lewat di Wonokromo juga. Hingga akhirnya sudah terlalu lemah dan tak tertolong, meski dokter di RSAL sudah berusaha maksimal," ujar dia. (Phytag Kurniati).

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul: Penjelasan Dokter Penyebab Bayi Tewas, Berawal Dibawa Ortu Naik Motor 12 Jam Demi Nonton Bola

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/09/095507878/sederet-fakta-bayi-meninggal-usai-diajak-naik-motor-tegal-surabaya-12-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke