Salin Artikel

Napak Tilas 7 Mata Air di Magetan, Upaya Mengajak Warga Menjaga Sumber Air

Camat Panekan Dicong Maleleh mengatakan, kegiatan napak tilas tujuh sumber air yang ada di lima desa tersebut ditujukan untuk mengajak warga lebih mengenal sumber air yang selama ini telah mencukupi kebutuhan, baik untuk minum maupun untuk pengairan sawah.

“Ini upaya untuk lebih mengenalkan sejumlah sumber air yang selama ini mendukung kebutuhan air masyarakat sehingga mereka juga peduli terhadap kelestarian sumber air tersebut,” ujarnya saat ditemui di Sumber Jabung, Sabtu (6/8/2022).

Dicong Maleleh menambahkan, di Kecamatan Panekan sendiri sebenarnya terdapat 48 sumber air yang selama ini mendukung kebutuhan air warga.

Angka tujuh dari tujuh mata air juga merupakan sebuah simbol. Dalam Bahasa Jawa tujuh disebut pitu memiliki arti pitulungan (pertolongan).

“Dalam Bahasa Jawa angka 7 maknanya pertolongan, artinya  mari kita jaga sumber mata air yang menjadi penolong kita,” imbuhnya.

Bupati Magetan Suprawoto yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, untuk melestarikan keberadaan sumber air, selain melalui penanaman pohon, juga harus didukung dengan kepedulian masyarakat.

Menjadikan sumber mata air sebagai destinasi wisata yang lestari menurutnya adalah langkah bijak agar masyarakat teredukasi akan pentingnya menjaga keberlangsungan sumber air.

“Ini langkah bagus untuk mengajak masyarakat peduli dengan sumber air, agar mereka turut menjaga jangan sampai sumber air itu hilang,” katanya.


Kepala Desa Jabung Wito mengatakan di desanya ada tiga sumber air besar yang saat ini juga dimanfaatkan untuk wisata air baik kolam pemancingan dan kolam renang.

Dari tiga mata air di desanya juga mengairi sejumlah desa termasuk desa yang berada di Kabupaten Ngawi.

Tradisi sedekah bumi dengan menggelar selamatan dan kerja bakti di lokasi sumber air merupakan upaya mengajak masyarakat turut serta menjaga kelestarian sumber mata air.

“Tradisi sedekah bumi setiap menjelang Ramadhan kita gelar. Dengan tradisi itu kita bisa mengajak masyarakat untuk peduli dengan sumber mata air yang kita punya,” ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/06/212010478/napak-tilas-7-mata-air-di-magetan-upaya-mengajak-warga-menjaga-sumber-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke