Salin Artikel

Sepi Penumpang, Citilink dan Wings Air Cabut dari Bandara Trunojoyo Sumenep

SUMENEP, KOMPAS.com - Dua maskapai penerbangan, yakni Wings Air dan Citilink menghentikan penerbangan komersial dari Bandara Trunojoyo Sumenep dengan rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya.

Humas Bandara Trunojoyo, Romzy Sarengat Sani mengatakan, alasan kedua maskapai pamit dari Bandara Trunojoyo Sumenep ini sama, yakni minimnya jumlah penumpang setiap kali penerbangan.

"Jumlah penumpang sangat minim, apalagi setiap maskapai punya target, dan ketika tidak mencapai target itu tidak bisa menutupi biaya operasional," kata Romzy saat dihubungi, Jumat (5/8/2022).

Romzy menjelaskan, setiap maskapai yang hendak terbang dengan rute Sumenep-Surabaya dan Surabaya-Sumenep setidaknya harus membawa total 40 penumpang. Namun, baik Wings Air dan Citilink, tak bisa memenuhi target tersebut.

Dua maskapai yang membuka penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya dan Surabaya-Sumenep pada April 2022 akhirnya memilih untuk berhenti terbang.

Bila terus dilanjutkan, ia menyadari bahwa pihak maskapai akan terus menerus merugi apabila memaksakan diri tetap melayani rute Sumenep-Surabaya dan Surabaya-Sumenep.

"Kalau Wings Air sejak Juni 2022 sudah tidak ada penerbangan dari Bandara Trunojoyo, terus untuk Citilink, penerbangan terakhir tanggal 7 Agustus besok," tuturnya.

Dengan berhentinya penerbangan komersial itu, Bandara Trunojoyo, lanjut Romzy, kini hanya melayani tiga rute penerbangan perintis. Masing-masing, rute Bawean-Sumenep dan sebaliknya, Sumenep-Pagerungan dan sebaliknya, Sumenep-Banyuwangi dan sebaliknya.

"Jadi hanya penerbangan perintis ke kepulauan, karena itu juga disubsidi oleh pemerintah," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/05/163030278/sepi-penumpang-citilink-dan-wings-air-cabut-dari-bandara-trunojoyo-sumenep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke