Salin Artikel

Kondisi Terakhir Gunung Raung Usai Meletus, Masih Tremor, Abu Vulkanik Berkurang

Catatan seismograf dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, aktivitas kegempaan masih berlangsung.

Gempa tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 0,5-3 mm (dominan 0.5 mm).

Sedangkan gempa tektonik jauh masih terjadi 6 kali dengan amplitudo  3-19 mm, S-P 13-32 detik dan durasi 53-153 detik.

Kepala Pos PGA Raung, Mukijo menyebutkan, kondisi gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu belum begitu membaik.

"Masih sama, masih ada tremor," kata Mukijo, Jumat (29/7/2022).

Namun pada periode pengamatan tertanggal 28 Juli 2022 pukul 00.00 hingga pukul 24.00 WIB, abu vulkanik Gunung Raung yang keluar dari kawah sudah menurun.

"Gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah," terangnya.


Sedangkan kondisi cuaca di sekitar lokasi cerah dan berawan. Angin bertiup lemah menuju ke arah utara dan selatan. Suhu udara 16-29 derajat Celcius.

Meski sempat erupsi, namun Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) belum menaikkan status Gunung Raung.

Sampai saat ini status gunung yang berada di tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso dan Jember itu masih tetap berada di level I normal.

Rekomendasi larangan agar masyarakat dan wisatawan tidak turun ke dasar kawah, atau mendekati kawah yang ada di puncak juga masih diberlakukan.

PPGA Raung juga melarang wisatawan berkemah di sekitar puncak dan bibir kaldera kawah Gunung Raung, untuk menghindari potensi bahaya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan.

Diketahui, Gunung Raung meletus pada Rabu (27/7/2022) petang. Gunung itu mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dan mengarah ke Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Gunung type strombolian tersebut mengeluarkan abu vulkanik berwarna cokelat kelabu pada kurun waktu pukul 17.19 - 17.28 WIB, atau durasi 9 menit.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/29/070426878/kondisi-terakhir-gunung-raung-usai-meletus-masih-tremor-abu-vulkanik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke