Salin Artikel

Menteri Sandiaga Sebut Festival Nasional Reog Bukti Konkret Reog Milik Ponorogo

Terlebih setiap grup Reog yang tampil dalam festival itu menampilkan pertunjukan terbaiknya dari aspek musik dan seninya.

“Ini (FNRP) bukti konkret bahwa reog adalah milik Ponorogo. Dan reog adalah dan seni kebudayaan kita,” ujar Sandiaga setelah menonton FNRP di Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022) malam.

Menurut Sandiaga, hadirnya FNRP kali menjadi bagian kebangkitan yang berbasis seni dan budaya setelah pandemi Covid-19 menghantam selama lebih dari dua tahun.

Kendati demikian, motivasi seni budaya itu tidak meninggalkan akar Kota Ponorogo sebagai kota santri.

Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf tahun ini akan mempersiapkan Reog Ponorogo dan mengusulkan Ponorogo menjadi bagian dari The UNESCO Creative Cities Network (UCCN).

"Setelah itu Reog didorong kembali untuk didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda di UNESCO,” kata Sandiaga.

Hal itu lantaran keberadaan seni dan budaya khas Kabupaten Ponorogo membuka lapangan pekerjaan yang banyak.

Satu hari dari tiket masuk FNRP bisa terjual hingga Rp 80 juta. Belum lagi hasil penjualan aneka produk UMKM di sekitar lokasi FNRP.


Sandiaga mengatakan FNRP sangat membantu Kemenparekraf untuk mencapai target 1,1 lapangan pekerjaan baru dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ke depan, Sandiaga berharap FNRP yang sudah masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara (KEN), tampil baik lagi.

Ia mencontohkan masyarakat dapat lebih mendekat ke panggung. Selain itu ada perpaduan live streaming dengan permainan lampu sehingga menjadikan FNRP lebih meriah lagi.

Tak hanya itu, Kemenparekraf memberikan kurasi agar pelaksanaan FNRP semakin baik.

“Siapa tahu ini akan jadi event dunia karena keberadaan reog Ponorogo ada di seluruh dunia. Kita bisa mengundang dan mereka bisa ada di sini sehingga acara ini bisa menjadi world event international,” jelas Sandiaga.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyatakan Pemkab Ponorogo siap mengawal reog bisa diakui warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

"Kami siap mengawal reog sebagai UCCN dan warisan budaya tak benda ke Unesco sampai tuntas," kata Sugiri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/28/125616578/menteri-sandiaga-sebut-festival-nasional-reog-bukti-konkret-reog-milik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke