Salin Artikel

Tunjungan Fashion Week Dibubarkan, Wali Kota Surabaya: Bisa Digelar di Balai Pemuda dan RTH

Kegiatan fashion show yang diinisiasi anak muda di Jalan Tunjungan itu terpaksa dihentikan karena dinilai mengganggu kenyamanan pengendara dan ketertiban lalu lintas.

"Kemarin kita hentikan kegiatan 'Tunjungan Fashion Week' di kawasan Jalan Tunjungan. Ini bukan soal tidak pro kreasi atau pro kreasi khas anak muda. Tapi ini soal kebaikan bersama, kenyamanan pengguna jalan, dan aktivitas yang tidak menimbulkan kemacetan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Senin (25/7/2022).

Eri mengatakan, kegiatan itu bisa digelar di tempat dan momen lain. Anak muda, kata dia, bisa menggelar acara serupa di wilayah yang menerapkan car free day pada akhir pekan.

"Bisa digelar di Balai Pemuda dan berbagai ruang terbuka hijau, dengan tetap jaga kebersihan dan tidak merusak taman. Atau di pedestrian dengan konsep terjadwal dan berizin, supaya bisa diatur agar tidak mengurangi kenyamanan masyarakat luas,"  ucap dia.

Eri meyakini, jika diterapkan sesuai aturan, kegiatan tersebut tak akan menimbulkan kemacetan.

"Soal konsep outfitnya, silahkan berkreasi. Namun, harus tetap menginspirasi, ojok pating pecotot (tidak rapi) dan sing gak karu-karuan (tidak pantas), juga harus mencerminkan karakter khas arek Suroboyo," kata Eri.

Eri mengungkapkan, Pemkot Surabaya telah meluncurkan konsep "Tunjungan Romansa" di Jalan Tunjungan, pada November 2021.

Konsep tersebut disediakan sebagai ruang kreasi seni, budaya, dan ekonomi kreatif di Kota Surabaya.

"Musik, fashion, kuliner, dan beragam kreasi melebur di Tunjungan Romansa. Sebagian dikonsep di area pedestrian, namun teratur dan tidak mengganggu pengguna jalan," ujar dia.

Sedangkan terkait fesyen, kata dia, Pemkot Surabaya juga telah memfasilitasi dalam berbagai pergelarannya.

Termasuk dengan menampilkan merek lokal dan usaha mikro kecil secara rutin, lewat Surabaya Fashion Week dan banyak lagi.

"Pelatihan desain fesyen juga dilakukan agar tumbuh desainer-desainer fashion andal dari Surabaya. Bahkan kita sedang siapkan workshop penulisan fashion agar geliat fesyen di Surabaya bisa tersebar luas dan menginspirasi lewat model komunikasi yang baik," tutur dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/25/195931878/tunjungan-fashion-week-dibubarkan-wali-kota-surabaya-bisa-digelar-di-balai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke