Salin Artikel

Ladeni Wartawan dari Pagi hingga Malam, Bripka Mukhtar Dapat Penghargaan Mabes Polri

Informasi yang bertebaran di era digital membuatnya selalu berkomunikasi dengan awak media.

Karenanya, Mukhtar kerap mengangkat telepon wartawan dari pagi hingga larut malam.

Sebab, informasi yang beredar di media sosial begitu cepat, sehingga juga harus direspons cepat agar tidak liar.

Tuntutan kerja di era serba digital membuat Mukhtar bekerja dari pukul 04.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Wartawan dianggap mitra utama, sehingga Mukhtar memberikan pelayanan terbaik.

"Saya dan tim memelototi media sosial, di sela-sela menggarap multimedia kinerja kepolisian. Karena informasi di media sosial masih banyak hoaksnya. Perkembangan teknologi begitu cepat, butuh kerja keras dan kerja cerdas," kata Mukhtar kepada KOMPAS.com, Minggu (17/7/2022).

Pertanyaan awak media sering diseleksi Mukhtar untuk diberi jawaban.

Pada kasus-kasus tertentu, masih perlu pendalaman dan penyelidikan sehingga jawaban untuk awak media masih butuh waktu.

Contohnya kasus kakek yang terbakar. Awalnya diisukan dibakar, ternyata dia lupa mematikan puntung rokoknya hingga membakar tubuhnya.

Kasus lain yang diperlukan kehati-hatian adalah isu santet. Menurut Mukhtar, keterangan harus utuh dan diperlukan pendalaman.

"Berbeda jika kami sudah memegang data utuh dan keterangan lengkap, langsung kami jawab saat itu juga," tandas Mukhtar.

Meski kerja totalitas dan waktunya berkurang untuk keluarga, Mukhtar mengaku enjoy saja.

Baginya, pekerjaan adalah amanah dan ibadah yang harus dilaksanakan sungguh-sungguh.

Di kalangan awam media, Mukhtar dikenal humble, lugas dan to the point. Tidak heran jika nama dan wajahnya kerap muncul di sejumlah media.


Suka teknologi dan psikologi

Jabatan yang diemban pria kelahiran Pasuruan, 6 Juli 1986 itu terbilang sangat strategis mengingat saat ini pada era digital di mana perkembangan teknologi semakin pesat sehingga Polri sebagai institusi pelayan masyarakat harus bisa mengantisipasi segala tantangan dan segala bentuk dinamika yang terjadi di media sosial

"Perkembangan teknologi komunikasi, dapat menyebabkan terjadinya perubahan budaya. Sebagai anggota Polri kami harus memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait adanya berita hoaks yang dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat," kata polisi bergelar Sarjana Psikologi ini.

Ia menjadi anggota Polri setelah mengikuti pendidikan Bintara Khusus Intel tahun 2005.

Selanjutnya, ia langsung ditempatkan di Polres Probolinggo sebagai pertama kali mengawali kariernya.

Kemudian pada 2009, ia dimutasikan sebagai Unit Paminal Polres Probolinggo.

"Bertugas di Polres Probolinggo sangat banyak memberikan ilmu dan pengalaman bagi saya," ucap Mukhtar yang juga memiliki hobi dalam videografi dan design multimedia.

Tugas berikutnya yang ia emban yakni Kanit Reskoba Polres Probolinggo pada 2013.

Selanjutnya pada 2018, ia dimutasikan sebagai Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Probolinggo.

Setahun berselang tepatnya di 2019 ia dipindah tugaskan ke Polsek Dringu Polres Probolinggo dengan menjabat sebagai Kanit Intel.

Meski ditugaskan di berbagai satuan unit kerja, ia kerap kali membantu seksi Humas Polres Probolinggo ketika sedang mengadakan kegiatan yang memerlukan dokumentasi.

Hingga akhirnya pada tahun 2020, ia ditugaskan menjabat sebagai Kasi Humas Polres Probolinggo.

"Di mana pun ditugaskan, saya mendedikasikan diri untuk Polri khususnya Polres Probolinggo agar semakin lebih baik ke depannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," tutur Mukhtar.

Keseriusan dan ketekunan ia dalam bertugas di Humas, mengantarkannya memperoleh berbagai penghargaan, di antaranya Juara 1 sebagai Operator Teraktif Seksi Humas Polres Jajaran Polda Jatim tahun 2021 sebagaimana Kep Nomor : P/429/IX/Hum.1.2/2021/Bidhumas Polda Jatim

Kemudian meraih Juara II dalam amplifikasi terbaik tribratanews pada media tribratanews Polda Jatim tahun 2021 sebagiamana Kep nomor : P/412/IX/Hum.1.2/Bid Humas Polda Jatim, Juara III dalam Amplifikasi Given Media Online tingkat Mabes tahun 2021 sebagaimana Kep nomor : P/433/IX/Hum.1.2/2021/Bidhumas, Kasi Humas Terbaik Jajaran Polda Jatim tahun 2021 sebagaimana Kep nomor: 103/XI/2021/Hum.1.1/2021, dan terakhir ia meraih Terbaik Pertama dalam menaikkan narasi berita di Jajaran Polda Jatim tahun 2022 pada triwulan I sebagaimana Kep nomor : 192/VI/Hum.1.2/2022/BidHumas.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/17/113032978/ladeni-wartawan-dari-pagi-hingga-malam-bripka-mukhtar-dapat-penghargaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke