Salin Artikel

Fakta Bocah 5 Tahun di Ponorogo Terbakar Usai Jajan "Ice Smoke", Dicampur Nitrogen Murni dan Kesaksian Ayah

KOMPAS.com - Seorang bocah lima tahun di Desa Bajang, Ponorogo, Jawa Timur, tiba-tiba terbakar usai jajan "Ice Smoke", Selasa (12/7/2022).

Akibatnya, korban berinisial AFT alami luka bakar dan segera dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Muslimat Ponorogo.

Sementara, aparat kepolisian segera mengamankan R, penjual jajanan tersebut untuk dimintai keterangan.

Menurut Kepala Unit Pidana Umum Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Ponorogo, Ipda Guling Sunaka, R mencampurkan nitrogen murni.

“Nitrogen yang digunakan untuk berjualan R merupakan nitrogen murni yang didapatkan dari pabrik di Gresik. Pria itu sudah menjalankan usaha tersebut selama 8 tahun lalu,” kata Sunaka, Kamis (14/7/2022).

Kesaksian orangtua korban

Sementara itu, Sutrisno, ayah korban menceritakan, peristiwa naas itu terjadi pada Selasa (12/7/2022) sore.

Usai menonton reog Ponorogo, putranya ingin membeli jajanan ice seharga Rp 20.000.

"Dia minta dibelikan, langsung saya belikan. Setelah beranjak dari situ, satu menit lepas dipegang jajannya, dipegang anak saya, jajannya keluar api, langsung bakar anak saya," kata Sutrisno.

Menurut Sutrsino, jajanan itu disemprot bahan cair yang membuat es mengeluarkan asap.

Namun demikian, Sutrisno masih tidak mengetahui penyebab mengapa jajanan tersebut mengeluarkan api dan membakar anaknya.


Luka bakar 30 persen

Dari hasil pemeriksaan dokter, korban mengalami luka bakar 30 persen. Korban lantas ditangani oleh dokter spesialis ahli bedah.

"Diagnosis dari UGD kombosio grade dua 30 persen atau luka bakar persentase kurang lebih 30 persen," ucap Kepala Bidang Pelayanan Pelayanan Medis RSU Muslimat dr Siti Nur Rohmah.

Sementara itu, saat ini polisi masih mendalami kasus itu dan berkoordinasi dengan ahli untuk mengungkap jajaan itu bisa membakar korban.

“Dari hasil penyelidikan, ternyata makanan yang dibeli korban itu ada campuran salah satu zat kimia yaitu nitrogen. Namun, kita melakukan koordinasi terkait bahan kimia tersebut, masih mendapatkan informasi nitrogen tidak bisa terbakar apabila mendekat api," kata Sunaka.

"Hanya saja, nitrogen itu jenisnya liquid yang tingkat kedinginannya sangat tinggi. Apabila mengenai mulut dan kulit, maka bisa menimbulkan luka bakar,” pungkasnya.

(Penulis : Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor : Andi Hartik, Phytag Kurniati)

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/15/163706978/fakta-bocah-5-tahun-di-ponorogo-terbakar-usai-jajan-ice-smoke-dicampur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke