Salin Artikel

Peserta Lari Asal Jakarta yang Hilang di Gunung Arjuno Selamat, Stok Logistik Habis, Bertahan dengan Selimut Darurat

Lokasi Yurbianto yang hilang sejak Minggu (3/7/2022) itu ditemukan di atas hutan Lalijiwo, sekitar 3 kilometer dari trek lari lintas alam.

Sebelum mengevakuasi pria asal Jakarta Utara itu, tim gabungan terlebih dahulu menstabilkan tubuhnya yang kedinginan selama kurang lebih satu jam dengan memberi air hangat dan baju kering.

"Kondisi penyintas sehat. Bahkan saat dievakuasi turun ia sempat berjalan kaki. Hanya di bagian tubuhnya terdapat luka-luka goresan," ungkap Kepala Seksi Operasi Basarnas Jawa Timur Haris Supardi melalui sambungan telepon, Rabu (6/7/2022).

Haris mengungkapkan, kondisi medan tempat Yurbianto ditemukan memang agak sulit karena bukan jalur utama. 

Selain itu tim gabungan harus melalui lembah yang penuh tanaman liar terlebih dulu. 

"Beruntungnya, meskipun logistik darurat penyintas ini habis, ia masih punya selimut darurat, sehingga masih mampu bertahan selama 2 hari," tuturnya.

Yurbianto langsung dirujuk ke RS Prima Husada Singosari untuk perawatan medis. Ia kemudian diserahkan ke pihak keluarga dan operasi pencarian resmi dihentikan. 

"Sampai di situ tugas kita selesai. Kami menyerahkan penyintas kepada keluarga dan memutuskan operasi pencarian dihentikan," jelasnya.

Hilangnya Yurbianto, menurut Haris, disebabkan faktor cuaca saat sedang mengikuti lari lintas alam Mantra Summits Challenge 2022.

Korban saat itu berencana hendak kembali ke bawah melalui jalan alternatif.

"Namun di tengah melalui jalan alternatif itu, korban justru bingung mencari arahnya. Karena kondisi cuaca hujan dan berkabut," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/06/154113778/peserta-lari-asal-jakarta-yang-hilang-di-gunung-arjuno-selamat-stok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke