Salin Artikel

Dirujuk ke RSUD Sumenep, Suwartini yang Hamil Tua Meninggal di Kapal Rute Sapudi-Kalianget

Ibu yang hamil sembilan bulan itu sebelumnya dirujuk ke RSUD Sumenep karena fasilitas kesehatan di Kepulauan Sapudi tak memadai.

"Benar, ada penumpang bernama Suwartini yang meninggal dunia di atas kapal akibat pendarahan karena dalam kondisi hamil," kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Rabu (6/7/2022).

Widiarti menjelaskan, peristiwa itu bermula saat Suwartini dirujuk oleh Puskesmas Gayam Kepulauan Sapudi ke RSUD Moh Anwar Sumenep.

Saat itu, Suwartini didampingi Bidan Puskesmas Gayam, Khairin Nazilah.

Menurut Widiarti, Suwartini terpaksa dirujuk ke RSUD Sumenep karena fasilitas kesehatan di kepulauan tak memadai. Waktu tempuh dari Kepulauan Sapudi ke RSUD Sumenep sekitar tiga hingga empat jam dengan kapal laut.

Suwartini lalu dirujuk menggunakan KM Satya Kencana yang berangkat dari Sapudi atau Gayam, Selasa (5/7/2022) pukul 13.00 WIB.

"Pasien pada saat masuk KM Satya Kencana sudah dalam keadaan pendarahan posisi hamil sembilan bulan," kata Widiarti.

Sekitar pukul 16.15 WIB, kondisi Suwartini kian lemah. Tak lama berselang, Suwartini dinyatakan meninggal bersama janin yang dikandungnya.


Sementara itu, KM Satya Kencana baru tiba di Pelabuhan Pelindo III Kalianget sekitar pukul 17.30 WIB.

"Kemudian pasien dibawa ke RSUD Moh Anwar Sumenep untuk dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan ambulans Puskesmas Kalianget," tutur Widiarti.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tim dokter di RSUD Moh Anwar Sumenep menyatakan janin yang ada dalam kandungan Suwartini juga meninggal dunia.

Keluarga kemudian memutuskan untuk membawa pulang jenazah Suwartini ke Kepulauan Sapudi melalui Pelabuhan Dungkek dengan diantar ambulans Puskesmas Kalianget.

"Pasien dan keluarga pasien menuju Pulau Sapudi atau Gayam menggunakan perahu motor," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/06/142628978/dirujuk-ke-rsud-sumenep-suwartini-yang-hamil-tua-meninggal-di-kapal-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke