Salin Artikel

Harga Bawang Merah dan Cabai di Kota Batu Mahal, Pedagang: Pembeli Sering Mengeluh...

Salah satu pedagang sayur di Pasar Relokasi Kota Batu, Jawa Timur, Nurlaila (47), mengaku terpaksa mengurangi stok jualannya.

"Sekarang saya kalau kulakan (beli barang dijual lagi) tidak berani banyak-banyak takut enggak laku, biasanya 10 kilogram tapi sekarang cukup tiga kilogram," kata Nurlaila saat diwawancarai Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Dia mengatakan, harga bawang merah mencapai Rp 60.000 setiap kilogramnya. Padahal, lanjutnya, harga bawang merah sebelumnya hanya sekitar Rp 20.000.

"Kenaikan harga bawang merah ini sudah sekitar satu bulan, bertahap naiknya, ya sering pembeli yang mengeluhkan kenapa mahal," katanya.

Dia pun tidak mengetahui secara pasti penyebab harga bawang merah naik. Kondisi itu juga berbarengan dengan naiknya harga cabai yang saat ini mencapai Rp 80.000 setiap kilogramnya.

Pelanggannya pun kini mengurangi pembelian bawang merah dan cabai.

"Kalau harga naik mungkin dari petaninya kesusahan, jadinya pelanggan saya biasanya tukang bakso, jualan lalapan, mie ayam mengurangi beli bawang (merah), biasanya satu kilogram paling hanya setengah kilogram. Soalnya cabai masih mahal juga, biasanya mereka kan buat nyambel," ungkapnya.

Situasi itu berbeda dengan harga bawang putih yang berada sekitar Rp 20.000 per kilogram. Nurlaila memprediksi, naiknya harga cabai dan bawang merah akan terjadi hingga Idul Adha.

"Mungkin kan permintaan bawang merah dan cabai tinggi, jadi stok pasokannya kurang, ya jadinya mahal, mungkin tapi," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, pihaknya terus melakukan kontrol terhadap ketersediaan bawang merah dari pedagang grosiran.

Ia berharap, pasokan bawang merah dari sejumlah daerah di Jawa Timur segera masuk. Sebab, sejumlah daerah suda memasuki masa tanam bawang merah.

Eko menyampaikan bahwa Kota Batu sebagai Kota Wisata dengan adanya berbagai tempat makan untuk kebutuhan bawang merah sangat penting.

"Upayanya berkoordinasi dengan para pedagang, jangan sampai stok kosong, saya sudah datang ke grosirnya juga supaya bawang merah di Batu terpenuhi, kalau memprediksi kapan turunnya saya tidak bisa memastikan," kata Eko saat dihubungi via telepon, Selasa (5/7/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/05/163151678/harga-bawang-merah-dan-cabai-di-kota-batu-mahal-pedagang-pembeli-sering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke