Salin Artikel

Jelang Idul Adha, Pembelian Sapi Kurban di Kandang Peternak Meningkat

Warga memilih membeli hewan kurban langsung ke kandang peternak, tidak di pasar hewan.

Salah satu peternak asal Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Muhammad Tamyiz mengatakan, terjadi peningkatan pembelian sapi kurban di kandangnya dalam dua pekan terakhir

Dari 200 ekor sapi di kandangnya, tersisa 30 ekor. Pembeli sapi, kata dia, rata-rata berasal dari luar Pamekasan.

"Karena Idul Adha sudah dekat, penjualan sapi terus meningkat dua pekan ini," kata Tamyiz saat ditemui di lokasi peternakannya, Selasa (5/7/2022).

Tamyiz menjelaskan, tingginya minat masyarakat membeli sapi di kandangnya karena ternak yang dimiliknya sehat.

Jika ada sapi yang memperlihatkan gejala sakit, Tamyiz langsung memisahkannya dari ternak yang sehat. Bahkan, Tamyiz juga memberikan ramuan kepada ternaknya.

"Sapi kami semuanya sehat. Jika ada yang sakit saya minta agar dikembalikan untuk ditukar dengan yang sehat," imbuhnya.

Sebagai garansi sapinya sehat, Tamyiz bekerja sama dengan Dinas Peternakan yang mengeluarkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Sehingga, pembeli tak was-was dengan kondisi kesehatan hewan.

"Sampai hari ini tidak ada pelanggan yang mengembalikan sapinya karena sakit. Kami membekalinya dengan SKKH dari Dinas Peternakan," ungkap Tamyiz.

Salah satu pembeli asal Surabaya, Sucipto mengaku, sapi milik Tamyiz yang dikelola di Rahayu Farm berkualitas dan sehat.

Apalagi, pengelolaan sapi di kandang itu menerapkan model peternakan semi modern. Meski wabah PMK merebak, Sucipto tak ragu dengan kualitas sapi Tamyiz.

"Setiap tahun saya langganan untuk dijual lagi ke beberapa perusahaan di Surabaya. Tidak ada pembeli yang kecewa karena kami jual sapi berkualitas," ungkap Sucipto.

Peternak lainnya asal Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Munaji mengaku, orang yang akan berkurban enggan membeli sapi ke pasar karena masih ramai PMK.

Alternatifnya mereka langsung ke kandang peternak.

"Sebulan yang lalu masih sepi orang cari sapi langsung ke peternak. Sekarang sudah mulai ramai karena di pasar takut sapinya tidak sehat," kata Munaji. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/05/115408378/jelang-idul-adha-pembelian-sapi-kurban-di-kandang-peternak-meningkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke