Salin Artikel

5.203 Sapi di Lamongan Divaksin PMK, Peternak: Sudah Tidak Was-was

Juru bicara Satgas PMK Hewan Ternak Lamongan Rahendra mengatakan, dari 7.000 dosis vaksin PMK yang telah diterima dari Pemprov Jawa Timur, telah diberikan kepada 5.203 ekor sapi yang berada di Lamongan, Minggu (3/7/2022).

"Sampai dengan hari ini, vaksin sudah kami berikan terhadap 5.203 ekor sapi di Lamongan," ujar Rahendra saat dikonfirmasi, Minggu.

Rahendra menjelaskan, 5.203 ekor sapi yang telah divaksin itu tersebar di delapan kecamatan yang ada di Lamongan, yakni Kecamatan Kedungpring, Ngimbang, sukodadi, Babat, Laren, Kembangbahu, Modo dan Sarirejo.

"Tahap pertama diselesaikan dulu sampai tanggal 7 Juli," ucap Rahendra.

Rahendra menambahkan, Pemkab Lamongan saat ini masih fokus menuntaskan 7.000 dosis vaksin PMK tahap awal yang diberikan oleh Pemprov Jatim.

Pemberian vaksin dilakukan sambil menunggu tambahan pasokan dosis vaksin selanjutnya dari Pemprov Jatim.

Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi diperbantukan sebanyak 74 petugas vaksinator.

Terdiri atas dokter hewan, pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan, serta mahasiswa dari Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Brawijaya.

Sulikha, salah seorang pemilik sapi yang berada di Kecamatan Kembangbahu mengatakan, kekhawatiran yang selama ini dirasakan terkait sapi miliknya bakal tertular PMK kini mulai terkikis seiring pemberian vaksin PMK yang dilakukan oleh petugas.

"Senang sekali, karena sekarang sudah tidak lagi was-was. Semoga wabah PMK yang terjadi di Lamongan dan kota-kota lainnya dapat segera ditangani," tutur Sulikha.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/03/202342078/5203-sapi-di-lamongan-divaksin-pmk-peternak-sudah-tidak-was-was

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke