Salin Artikel

Jemaah Khilafatul Muslimin Surabaya Deklarasi Setia NKRI dan Pancasila

Dalam deklarasi, mereka menegaskan bahwa Khilafatul Muslimin tidak anti Pancasila.

Sebelum membacakan deklarasi, jemaah yang berasal dari sejumlah daerah di sekitar Surabaya seperti Gresik, Pasuruan, Mojokerto, Bangkalan hingga Jombang itu membacakan teks Pancasila sebagai bentuk dan bukti bahwa mereka tidak memusuhi Pancasila.

Hadir dalam acara deklarasi tersebut, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto hingga wali kota Surabaya Eri Cahyadi.

Berikut 5 poin deklarasi yang dibaca jemaah Khilafatul Muslimin wilayah Surabaya Raya :

1. Kami warga Khilafatul Muslimin mengakui NKRI berdasarkan Undang-undang dasar 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

2. Kami warga Khilafatul Muslimin tidak anti Pancasila, tidak anti NKRI, dan tidak anti kebhinekaan.

3. Khilafatul Muslimin bukan musuh Pancasila dan tidak akan memusuhi Pancasila.

4. Khilafatul Muslimin adalah jemaah, bukan negara, bersama seluruh elemen negeri ini bertekad siap menjaga dan mempertahankan NKRI.

5. Bertekad hidup berdampingan dengan segenap lapisan masyarakat secara harmonis dan menjunjung tinggi asas bhineka tunggal ika.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, pendiri bangsa sudah bermusyawarah dan bersepakat bahwa pondasi negara Indonesia adalah Pancasila.

"Tugas kita sekarang adalah gotong royong mewujudkan NKRI yang berbhinneka tunggal ika," katanya, Kamis.

Dia berharap, deklarasi jemaah Khilafatul Muslimin di Surabaya bisa menginspirasi semua jemaah untuk tetap teguh dan bergotong royong mewujudkan NKRI yang ber-Pancasila.

Awal Juni lalu diketahui penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur menetapkan Amir Khilafatul Muslimin Wilayah Surabaya Raya, Aminuddin Mahmud, sebagai tersangka. 

Aminuddin Mahmud ditahan sebagai orang yang bertanggung jawab atas kegiatan Khilafatul Muslimin di wilayah Surabaya Raya yang diduga bertentangan dengan Undang-undang.

Sama seperti yang dilakukan kelompok Khilafatul Muslimin di Cawang Jakarta Timur, kelompok Khilafatul Muslimin Wilayah Surabaya Raya juga menggelar konvoi khilafah di Surabaya pada 29 Mei lalu.

Aminudin Mahmud disebut juga menjalin komunikasi langsung dengan pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja dalam hal koordinasi syiar paham khilafah. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/30/131558878/jemaah-khilafatul-muslimin-surabaya-deklarasi-setia-nkri-dan-pancasila

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke