Salin Artikel

Evakuasi Material Longsor di Jalur Ijen Butuh 3 Hari, Akses Jalan Belum Bisa Dilalui

Ipuk datang bersama Plt. Kepala Dinas PU dan Bina Marga Banyuwangi, Danang Hartanto dan sejumlah kepala SKPD terkait.

"Mohon maaf jalur menuju Kawah Ijen masih belum bisa dilalui karena tertutup longsor. Insyaallah dalam tiga hari ke depan sudah bisa dilewati. Kami upayakan secepatnya bisa selesai," kata Ipuk, Selasa.

Upaya pembersihan material longsor dilakukan bersama petugas gabungan. Mulai relawan BPBD, Tagana, TNI, Polri dengan dibantu masyarakat setempat.

"Terima kasih atas kerja keras teman-teman relawan, masyarakat, TNI dan Polri. Semoga kondisi cuaca mendukung, sehingga pembersihan bisa cepat selesai," ucap Ipuk.

Material longsor seperti lumpur dan kayu, menutupi jalur menuju Kawah Ijen sepanjang 30 meter dengan tinggi empat hingga enam meter.

"Pembersihan dilakukan menggunakan tiga alat berat. Kontur jalan Erek-Erek yang menanjak dan curam, cukup menyulitkan petugas untuk pembersihan," jelas Ipuk.

Sementara itu Plt Kepala Dinas PU dan Bina Marga Banyuwangi, Danang Hartanto, mengungkapkan longsor terjadi dua kali.

"Pertama dengan intensitas kecil Senin pagi, dan yang kedua sore sekitar pukul 16.00 dengan intensitas yang besar," ujar Danang.

Kalaksa BPBD Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengungkapkan, material longsoran yang terdiri dari lumpur hingga batang kayu itu menutup penuh akses jalan penghubung antara Bondowoso dan Banyuwangi.

Proses pembersihan sempat menemui kendala. Sulitnya medan hingga cuaca yang sempat memburuk membuat petugas menunda pekerjaan.

"Ketinggian timbunan material lumpur mencapai 6 meter dan panjangnya mencapai 30 meter," ungkap Ilzam.

Dikatakan Ilzam, proses pembersihan material longsor di Kawah Ijen itu melibatkan sedikitnya 150 petugas gabungan.

"Kita mengerahkan 3 unit alat berat dari Dinas PU Bina Marga dan 1 truk tangki air dari BPBD untuk penyemprotan material agar cepat selesai," ujarnya.

Diketahui, jalur penghubung Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso via Kawah Ijen tertutup akibat longsor yang terjadi pada Senin (28/6/2022).

Longsoran berupa material tanah, bebatuan dan pepohonan itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Akibatnya jalur kedua kabupaten tutup total.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/29/110238678/evakuasi-material-longsor-di-jalur-ijen-butuh-3-hari-akses-jalan-belum-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke