Salin Artikel

Gresik Terima 3.000 Dosis Vaksin PMK, Suntikan Pertama untuk Sapi di Siwalan

Agenda vaksinasi PMK pertama dilakukan untuk sapi peternak yang berada di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, dari 3.000 dosis vaksin PMK tahap awal yang diberikan oleh Pemprov Jawa Timur, sebanyak 2.000 dosis vaksin disalurkan untuk sapi milik peternak yang berada di wilayah Gresik selatan, sementara sisanya bagi sapi milik peternak yang berada di Gresik utara.

"Pada prinsipnya, vaksin ini disuntikan kepada hewan ternak yang sehat, bukan untuk hewan ternak yang sakit. Tujuannya untuk pencegahan, agar tidak tertular PMK," ujar Yani, saat menghadiri acara vaksinasi PMK di Desa Siwalan, Selasa (28/6/2022).

Yani melanjutkan, pemberian vaksin PMK menyasar pada sapi potong betina dan anakan (pedet) milik para peternak di Gresik, meski Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sempat menyebut prioritas pemberian vaksin untuk sapi perah.

Hal ini dikarenakan, sejauh ini di Kabupaten Gresik masih didominasi oleh sapi potong.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang secepatnya, 3.000 dosis vaksin pertama ini segera terselesaikan, agar laju penularan PMK di Kabupaten Gresik bisa dihambat," ucap Yani.


 Yani menyebutkan, sebanyak 3.000 dosis vaksin tahap awal yang disalurkan Pemprov Jawa Timur kepada Kabupaten Gresik juga masih belum sesuai kebutuhan.

Sebab populasi sapi yang ada di Gresik jumlahnya lebih dari 3.000 ekor, sehingga masih membutuhkan tambahan dosis vaksin.

"Namun 3.000 dosis vaksin di awal ini segera kita berikan kepada seluruh peternak di Kabupaten Gresik, agar tidak sia-sia sebagai langkah ikhtiar pemerintah dalam meminimalisir penyebaran PMK," tutur Yani.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Gresik Eko Anindito menambahkan, untuk hewan ternak yang telah dilakukan vaksinasi PMK akan diberi tanda. Sebab, masih ada agenda vaksinasi lanjutan yang bakal diberikan untuk sapi tersebut.

"Kami berharap, tidak ada sapi yang dipotong ataupun dijual. Sebab akan ada vaksin kedua satu bulan kemudian, juga enam bulan berikutnya diberikan vaksin ketiga atau booster," kata Eko.

Baik Eko maupun Yani sepakat, pemberian vaksinasi terhadap hewan ternak yang dilakukan juga sebagai harapan dari pemerintah dalam menekan laju penyebaran PMK di Kabupaten Gresik, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/29/055409378/gresik-terima-3000-dosis-vaksin-pmk-suntikan-pertama-untuk-sapi-di-siwalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke