Salin Artikel

Viral, Pasar Splendid di Kota Malang Perjualbelikan Kucing Tidak Layak

MALANG, KOMPAS.com - Pasar Splendid yang berada di Kota Malang, Jawa Timur viral setelah adanya petisi di laman change.org untuk menyelamatkan kondisi kucing yang diperjualbelikan secara tidak layak.

Pembuat petisi di dalam web tersebut diketahui bernama Meigia Aisyah.

Kompas.com mencoba mengirim pesan ke pembuat petisi di Facebook, tetapu belum direspons.

Petisi tersebut pada Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 15.20 WIB sudah ditandatangani oleh 8.890 warganet. Selain itu, juga viral setelah diposting di berbagai media sosial Instagram.

Isi dari petisi itu mendesak Pemkot Malang untuk menyelamatkan kucing-kucing yang diperjualbelikan secara tidak layak.

Dalam petisi yang dibuatnya, Meigia menjelaskan para pedagang telah memperlakukan kucing secara tidak layak. Salah satunya, kucing ditempatkan di kandang sempit dan kotor.

Kemudian, makanan dan minuman yang diberikan juga bercampur dengan kotoran, sehingga membuat kucing tidak jarang muntah.

"Banyak yang dalam keadaan sakit namun dibiarkan saja. Ada juga dalam satu kandang kecil di isi oleh induk dan anak-anaknya yang cukup banyak sehingga tidak bisa bebas bergerak. Keadaan kucing di sana mengenaskan," dikutip dari penjelasan petisi di laman change.org.

Meigia meminta Pemkot Malang untuk menindak tegas para pedagang yang tidak bertanggungjawab. Menurutnya, dengan kondisi tersebut dinilainya telah melanggar aturan yang ada.

"Hal ini juga sudah melanggar Undang Undang Perlindungan Hewan dan Peraturan Pemerintah tentang Kesehatan Hewan. Kami mengharapkan Pemerintah menerapkan standar kelayakan untuk pedagang hewan pada pasar Splendid Malang khususnya kucing dan pemberian sanksi," dikutip dari penjelasan petisi di laman change.org.

Perlu diketahui Pasar Splendid merupakan pasar yang menjual berbagai macam hewan untuk dipelihara. Selain kucing, ada juga ikan hias, burung, ular dan lain sebagainya.

Menanggapi hal itu, Ketua My Cats Malang Pongky Rahadi mengatakan belum mengetahui apakah pembuat petisi tersebut merupakan dari anggota komunitasnya atau tidak.

Pongky membenarkan tentang kondisi di Pasar Splendid. Pedagang yang berjualan kucing di pinggir jalan memperlakukan si pus tidak layak.

"Kucingnya kepanasan, sering saya lewat kandangnya itu banyak kucing sampai menjulurkan lidah artinya haus, kalau kita deketin ditegur sama pedagangnya, satu kandang sempit bisa lebih dari 10 ekor kucing," kata Pongky saat dihubungi via telepon pada Minggu (26/6/2022).

Pihaknya juga mendukung adanya petisi tersebut. Bahkan komunitasnya seringkali membeli kucing di Pasar Splendid dengan maksud untuk diselamatkan.

"Beberapa teman coba membeli untuk dirawat dengan baik, tapi enggak mungkin semuanya tercover, karena kita beli tapi besoknya mereka jual lagi yang baru, terakhir sebelum lebaran," katanya.

Menurutnya cara itu memang bukan solusi tetapi hanya menjadi upaya kecil dari pihaknya. Sebab, harus ada dana yang tidak sedikit yang dikeluarkan.

"Sementara kalau kita beli keluarkan dana, dulu satu dua kucing bisa kita bantu untuk kita lepaskan, tapi kita enggak bisa caranya dengan membeli, enggak mungkin mengatasi," katanya.

Selain itu, upaya lain yang dilakukan dengan memberikan makanan kucing ke para pedagang. Harapannya kucing-kucing yang ada bisa mendapatkan asupan gizi yang tercukupi sehingga tidak kelaparan.

Tetapi harapan tersebut rupanya tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya.

"Biar kucingnya enggak kelaparan, tapi dilihat besoknya enggak disediakan makan dan minum di kandang, jadi memang dibiarkan oleh pedagang, cuma ya itu tadi kalau caranya seperti itu enggak memberhentikan kegiatannya itu," katanya.

Dia mengatakan para pedagang kucing tersebut sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Setiap kucing yang dibeli dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Dia menduga kucing-kucing tersebut sebelumnya tidak dibeli oleh pedagang dari orang lain atau diperoleh dengan cara yang tidak benar. Terlepas dari hal itu, Pongky berharap regulasi yang ada dari pemerintah dapat benar-benar ditindaklanjuti.

"Kita sudah pernah menyampaikan ke Puskeswan tapi belum ada tindakan, harapannya ada upaya dari pemerintah, ada perhatian, misal kucing yang dijual harus tetap dirawat, ada makanan dan minuman, tidak terpapar sinar matahari," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/26/170451478/viral-pasar-splendid-di-kota-malang-perjualbelikan-kucing-tidak-layak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke