Salin Artikel

Kadis Pendidikan Kabupaten Malang: Hampir 75 Persen Sekolah Kita Mengalami Kerusakan

Kepala Dinas Pendidikan, Rahmat Hardijono mengungkapkan, keadaan semacam itu tidak hanya terjadi di SDN 3 Pandanlandung.

"Memang faktanya, bahwa sekolah kita sangat banyak yang rusak, dan sejak tahun 2016 data yang ada hampir 75 persen mengalami kerusakan," ungkap dia melalui pesan singkat, Jumat (24/6/2022).

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com, persentase kerusakan gedung sekolah di Kabupaten Malang meningkat.

Untuk kerusakan gedung jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) pada tahun 2016 mencapai 71,38 persen.

Kondisi itu sempat meningkat, kemudian mengalami penurunan pada tahun 2019.

Saat itu persentase kerusakan gedung sekolah pada jenjang sekolah dasar 69,84 persen.

Namun kembali meningkat pada tahun 2020, yakni mencapai 79,25 persen.

Kemudian untuk gedung sekolah jenjang sekolah tingkat pertama (SMP) tren keruskan pada tahun 2016 mencapai 63,53 persen, dan terus meningkat setiap tahunnya hingga pada tahun 2020 mencapai 71,67 persen.

"Kondisi ini memang tidak sebanding dengan kecepatan serta ketersediaan sumber daya untuk perbaikan. Apalagi pada masa pendemi beberapa tahun terakhir ini," jelas Rahmat.


Selama ini, pihaknya telah berupaya melakukan perbaikan beberapa gedung sekolah melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni Kabupaten Malang.

"Ya, beberapa ada yang direnovasi melalui sumber DAK dan sebagian dari APBD murni," tegasnya.

Sejak tahun lalu Dinas Pendidikan Kabupaten Malang telah memerintahkan kepada setiap kepala sekolah untuk melakukan perbaikan sekolah yang mengalami kerusakan ringan, melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau Bantuan Operasinal Kabupaten (Boskab) Malang.

Tujuannya untuk memperlambat laju kerusakan gedung-gedung sekolah di lingkungan Kabupaten Malang.

Perintah itu tertuang pada surat yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang nomor 442.4/3295/35.07.101/2021.

"Agar tidak memperparah atau menambah tingkat kerusakan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pandanlandung, Desa Pandanlandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang mengeluh, sebab kondisi gedungnya memprihatinkan sejak tahun 2018 lalu.

Bahkan, beberapa ruang kelas saat ini disangga bambu agar atapnya tidak ambruk, serta satu ruang kelas terpaksa tidak ditempati saking parahnya kondisi atap.

Kondisi itu membuat sejumlah ruang kelas mengalami kebocoran ketika musim penghujan, hingga akhirnya para siswa terpaksa harus mengepel ruang kelas terlebih dahulu ketika hendak mengikuti proses belajar mengajar.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/24/185621878/kadis-pendidikan-kabupaten-malang-hampir-75-persen-sekolah-kita-mengalami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke