Salin Artikel

KM Fajar Nusantara Tenggelam di Sumenep, 14 Penumpang Selamat Usai Bertahan di Rakit

Kapal itu mengangkut 14 penumpang dengan rute Tanjung Perak Surabaya menuju Balikpapan. Seluruh penumpang kapal itu ditemukan selamat pada Rabu (22/6/2022) pukul 08.00 WIB.

"Seluruh penumpang ditemukan selamat oleh nelayan. Sekarang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Panarukan Situbondo, karena jaraknya lebih dekat ke sana," kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Kepolisian Resor (Polres) Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Widiarti menjelaskan, KM Fajar Nusantara berangkat dari Tanjung Perak menuju Balikpapan sekitar pukul 15.02 WIB.

Setelah beberapa jam menempuh perjalanan dan tiba koordinat 07°09’08.1”S /114°15’55.1”E sekitar pukul 21.14 WIB, nakhoda kapal memilih untuk tidak melintasi perairan Laut Jawa karena cuaca buruk.

Kapal kemudian memilih jalur di perairan Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep untuk menghindari gelombang yang lebih tinggi. Namun, setelah masuk perairan Sapudi, Kapal dihantam gelombang besar dan tenggelam.

"Niatnya kan karena cuaca tidak bersahabat, meraka mau berputar arah dan berlindung disekitar Pulau Sapudi," kata Widiarti.

Usai tenggelam, 14 penumpang bertahan di rakit buatan sisa-sisa barang kapal yang masih mengapung selama enam Jam. Mereka kemudian ditemukan oleh salah seorang nelayan Situbondo dan dievakuasi ke Pelabuhan Panarukan.

Seluruh penumpang yang ditemukan selamat itu kemudian tiba di Pelabuhan Panarukan Situbondo sekitar pukul 08.00 WIB.

"Seluruh penumpang ditemukan selamat, sekarang kami masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk meminta keterangan lebih lanjut," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/22/132302378/km-fajar-nusantara-tenggelam-di-sumenep-14-penumpang-selamat-usai-bertahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke