Salin Artikel

Jumlah Peziarah di Makam Bung Karno Melonjak di Bulan Juni, Capai 2.000 Orang Per Hari

Pengelola Makam Bung Karno menyebutkan, tingkat kunjungan selama bulan Juni merupakan yang tertinggi sejak pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pengelolaan Destinasi Wisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Heru Santoso mengatakan tingkat kunjungan ke Makam Bung Karno sudah menyamai kondisi normal sebelum pandemi.

"Iya, betul. Kunjungan tiap harinya meningkat empat kali lipat, bahkan lebih, selama Juni," ujar Heru saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

"Puncaknya kemarin ketika doa lintas agama menjelang Haul hingga 2.000 lebih . Hari ini sepertinya juga kurang lebih jumlahnya segitu karena memang banyak peziarah yang datang dari luar kota sejak kemarin untuk menghadiri Haul Bung Karno hari ini," tambah Heru.

Ketika kasus Covid-19 masih tinggi dan pembatasan mobilitas masyarakat masih ketat, jelas dia, jumlah peziarah paling tinggi sekitar 500 orang per hari.

Namun, seiring dengan adanya pelonggaran pembatasan, kata Heru, jumlah peziarah mulai meningkat.


Heru mengatakan, angka 2.000 peziarah per hari pernah terjadi selama beberapa hari pada periode libur Lebaran Idul Fitri 2022.

Menurutnya, tingginya jumlah peziarah selama Juni didorong oleh serangkaian kegiatan yang mengisi agenda Bulan Bung Karno di Kota Blitar yang mendapuk sebagai Bumi Bung Karno itu.

Kegiatan itu, antara lain, Gerebek Pancasila, bazar Blitar Jadul, doa lintas agama, dan lain sebagainya.

Selain Pemerintah Kota Blitar, sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan Bung Karno juga diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Bung Karno yang berlokasi di kompleks Makam Bung Karno.

Heru memperkirakan jumlah peziarah masih akan terus meningkat hingga akhir Juni seiring dengan periode libur sekolah. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/21/183345878/jumlah-peziarah-di-makam-bung-karno-melonjak-di-bulan-juni-capai-2000-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke