Salin Artikel

Upaya Bangkalan Dongkrak Prestasi Olahraga di Porprov, Guyur Bonus Rp 1 Miliar

Dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, Bangkalan harus menerima kenyataannya berada di urutan ke-38.

Peringkat tersebut berdasarkan data Pekan Olahraga Provinsi Jatim VI tahun 2019.

Kabupaten Bangkalan hanya mampu memperoleh tiga medali yaitu dua medali emas, satu medali perunggu dengan total perolehan poin 9.

Sedangkan hasil Porprov Jatim V tahun 2015 lalu, Bangkalan juga berada di peringkat 38 dengan satu perak, dua perunggu total perolehan 4 poin.

Momentum Pekan Olahrgar Provinsi ke-VII tahun 2022 yang akan berlangsung pada 25 Juni – 3 Juli 2022 menjadi peluang Kabupaten Bangkalan bisa memperbaiki posisi peringkatnya.

Targetkan 10 besar

Ketua Umum KONI Bangkala Moch Fauzan Ja’far menjelaskan, pihaknya telah melakukan persiapan dalam menyambut Porprov VII yang hanya tinggal menghitung hari.

“Semuanya sudah kami persiapkan dengan matang dan jauh-jauh hari sebelumnya, mulai dari pembinaan di internal sampai membentuk Badan Sport Science yang fokus untuk memantau langsung porsi latihan setiap cabang olahraga dan asupan gizi para atlet," kata Fauzan saat dikonfrimasi langsung oleh Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Dia menerangkan, dari hasil Porprov VI tahun 2019 lalu, 10 daerah yang masuk adalah, Surabaya, Kediri, Sidoarjo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Gresik, Banyuwangi, Lamongan dan Bojonegoro.

Namun Fauzan memiliki optimistis yang tinggi, sebab usahanya saat ini sudah terarah dan terukur.

Pemusatan Latihan Kabupaten (Puslatkab) yang dilakukan sudah sangat maksimal, ditambah dengan evaluasi tiga bulanan.


Guyuran bonus

Fauzan mengaku dukungan pemerintah kabupaten mewujudkan posisi 10 besar, telah dibuktikan oleh Bupati Bangkalan RK. Abdul Latif Amin Imron.

Tidak sedikit anggaran yang digelontorkan oleh pemkab kepada KONI Bangkalan untuk mengurusi prestasi olahraga Bangkalan, yaitu berjumlah Rp 7 miliar.

Sedangkan bonus yang disiapkan bagi para atlet dan pelatih yang berhasil meraih medali sebesar Rp 1 miliar.

Bonus itu diantaranya uang tunai, bagi peraih emas Rp 20 juta berikut pelatihnya Rp 15 juta, perak Rp 15 juta, pelatih Rp 10 juta, perunggu Rp 10 juta pelatih Rp 5 juta.

“Kami sudah menyiapkan bonus bagi atlet yang berhasil menyumbangkan medali, kami siapkan Rp 1 miliar untuk bonus. Selain itu dari saya pribadi juga ada, bonus mentas namanya, yang akan diserahkan saat menerima medali nanti,” ujar Fauzan.

Agenda resmi tingkat provinsi dua tahunan itu, akan diikuti oleh 38 kabupaten kota. KONI Kabupaten Bangkalan telah mendaftar di 35 cabang olahraga.

"Mudah-mudahan nanti, KONI dan seluruh jajaran baik atlet pelatih ofisial yang akan tampil, bisa mendapatkan peringkat yang terbaik, prestasi dengan medali-medali yang akan diperoleh oleh kami," kata dia.

"Karena selama ini Kabupaten Bangkalan terus berada di peringkat 38, target kami berada di 10 besar. Kalau melihat hasil Kejurda dan Kejurprov, ada 18 hingga 20 cabor yang kita prioritaskan untuk meraih prestasi. Jika melihat hasil dari Puslatkab peringkat 10 besar di depan mata," lanjutnya.

Harapan bupati

Bupati Kabupten Bangkalan RK. Abdul Latif Amin Imron, berharap prestasi olahraga Bangkalan menjadi lebih baik.

Ra Latif juga meyakini, jika upayanya menjadi nyata maka hal tersebut akan menjadi pelecut motivasi bagi seluruh pelaku olahraga di Bangkalan.

Bahwa berkarir di bidang olahraga juga menjanjikan untuk masa depannya.

"Mudah-mudahan ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan kesejahteraan atlet ini bisa dijawab dengan prestasi prestasi yang lebih unggul, tentunya kami pemerintah kabupaten Bangkalan dalam hal ini bisa dilihat keseriusanya dengan mengalokasikan anggaran sampai Rp 7 miliar kepada KONI," ungkap Bupati Bangkalan Ra Latief Amin Imron.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/20/204745478/upaya-bangkalan-dongkrak-prestasi-olahraga-di-porprov-guyur-bonus-rp-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke