Salin Artikel

Penertiban PKL di Lumajang Jelang Porprov Jatim, Pedagang: Tebang Pilih

Mereka dilarang berjualan selama dua pekan di sejumlah ruas jalan, untuk memberikan kesan kota bersih dan rapi kepada para peserta Porprov dari Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

Ruas jalan yang dilarang untuk berjualan yakni Jalan Ahmad Yani, PB Sudirman, dan alun-alun Lumajang yang merupakan jalan protokol.

PKL di sepanjang Jalan Gajah Mada (Toga) yang bukan termasuk jalan protokol juga ditertibkan.

Sebab jalan itu merupakan akses menuju Stadion Semeru sebagai venue pertandingan sepak bola.

Para pedagang menilai Satpol PP Lumajang tebang pilih dalam penertiban tersebut.

Pasalnya, penertiban dilakukan hanya untuk pedagang yang biasa berjualan di dekat bahu jalan. Sedangkan pedagang lain yang menggunakan gerobak dan menempel pagar stadion tetap diperbolehkan jualan.

Padahal meski tidak berjualan di bahu jalan, para pengunjung warung kerap memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan yang memang sudah sempit. Hal ini tentu juga akan menimbulkan kemacetan.

"Yang jualan di jalan diusir, tapi yang jualan nempel pagar dibiarkan, katanya mau rapi," kata Sutris salah satu pedagang yang berjualan di depan Stadion Semeru, Senin (20/6/2022).


Perbedaan perlakuan itu juga dibernarkan oleh Samsuri, salah satu pedagang yang menempel pagar Stadion Semeru.

Menurutnya, para pedagang seperti dirinya diperbolehkan tetap berjualan asalkan tidak menimbulkan kekumuhan yang bisa mengurangi keindahan.

"Memang benar yang jualan di pinggir jalan tidak boleh, tapi yang seperti ini masih diperbolehkan dengan syarat tidak boleh sampai kelihatan kumuh," ucap Samsuri.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Lumajang Matali Bilogo mengatakan penertiban PKL dilakukan untuk memberikan kesan kota yang bersih dan rapi, serta untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Sebab, pada saat gelaran Porprov nanti, ribuan orang akan memadati Lumajang untuk bertanding maupun mendukung tim kebanggan kotanya masing-masing.

"Sebenarnya ini kan aturan lama, kemarin masih kita beri toleransi karena pandemi, ini ada Porprov kita tertibkan," kata Matali.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/20/150021678/penertiban-pkl-di-lumajang-jelang-porprov-jatim-pedagang-tebang-pilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke