Salin Artikel

Sampah di Lautan Pasir Bromo Capai 7 Pikap Usai Ritual Yadnya Kasada

Sedikitnya, tumpukan sampah mencapai tujuh pikap saat dibersihkan pada Jumat (17/6/2022).

Sejumlah warga dari instansi pemerintah dan komunitas pun melakukan aksi bersih-bersih di lautan pasir.

Camat Sukapura Rochmad Widiarto menjelaskan, kegiatan bersih-bersih lautan pasir Gunung Bromo ini untuk memberikan kesadaran kepada seluruh pengunjung TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) dan masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan di lautan pasir Bromo.

"Tujuan utama sebagai sentuhan moral saja dan ini harapan masyarakat Tengger dan pelaku wisata pun juga sama. Ketika membawa makanan atau minuman dari luar, agar sampahnya dibawa," ujar Rochmad saat dihubungi, Jumat.

"Ketika di dalam mobil jip, disiapkan plastik sampah untuk dibawa pulang dan dibuang di desanya masing-masing,” imbuhnya. 

Setelah kegiatan Yadnya Kasada, kata Rochmad, banyak pengunjung yang meninggalkan sampah sembarangan, baik dari pedagang maupun warga setempat yang mengikuti kegiatan ritual Yadnya Kasada.

Menurut Rochmad, gerakan ini sebetulnya bukan hanya untuk mengingatkan bahwa setelah Yadnya Kasada harus bersih-bersih, tapi juga mengingatkan agar berperilaku baik terhadap alam saat memasuki kawasan Gunung Bromo.

Rochmad menambahkan, dari aksi bersih-bersih sampah tersebut, terkumpul sampah sebanyak tujuh pikap yang kemudian dibuang ke TPS terdekat atau di desa lain.

Dia berharap pengunjung Bromo memahami apa yang sudah dilakukan bersama masyarakat Tengger dan penggerak wisata ini.

Rochmad meminta wisatawan menjaga kebersihan dan sampahnya bisa dibawa kembali turun atau dititipkan kepada para sopir jip yang akan membantu membuangkan sampah.

Bersih-bersih sampah di lautan pasir tersebut diikuti Forkopimka Sukapura, pihak TNBTS, perwakilan seluruh desa, tenaga kesehatan, lembaga sekolah serta relawan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/17/215600878/sampah-di-lautan-pasir-bromo-capai-7-pikap-usai-ritual-yadnya-kasada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke