Salin Artikel

Banjir Rob di Gresik Rendam 520 Rumah Warga

Beberapa fasilitas umum (fasum), fasilitas sosial (fasos) hingga 520 rumah warga sempat tergenang air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan, pasang air laut pada Jumat (17/6/2022) terjadi pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB, dengan puncaknya pada pukul 11.30 WIB.

Akibatnya, sembilan desa pada enam kecamatan sempat tergenang akibat pasang air laut.

"Hari ini wilayah tergenang banjir rob ada di Kecamatan Manyar, Kebomas, Bungah, Ujungpangkah, Gresik Kota, dan juga Kecamatan Tambak di Bawean," ujar Tarso, saat dihubungi, Jumat.

Tarso menjelaskan, lokasi terdampak banjir rob di Kecamatan Manyar ada di Desa Banyuwangi, dengan 280 rumah warga sempat tergenang air setinggi 15 hingga 25 sentimeter.

Selain itu, dua musala, dua sekolahan, pos kesehatan desa, tambak dan jalan lingkungan sepanjang 2.000 meter juga sempat terendam air.

Di Kecamatan Ujungpangkah, banjir rob melanda Desa Pangkahwetan dan Pangkahkulon. Di Pangkahwetan menyebabkan satu musala, Tempat Pelelangan Ikan (TPI), satu sekolahan, tambak dan jalan lingkungan tergenang. Sedangkan di Pangkahkulon, membuat dua tempat ibadah, satu sekolahan, TPI, tambak, jalan lingkungan, serta 150 rumah warga kebanjiran.

"Di Desa Sukorejo Kecamatan Kebomas, menyebabkan 35 rumah warga dan tiga warung tergenang air 20 hingga 25 sentimeter. Jalan lingkungan sepanjang 300 meter, juga sempat tergenang," ucap Tarso.

Adapun di Kecamatan Bungah, terdapat tiga desa yang terdampak. Yakni, Desa Tanjung Widoro, Kramat dan Watuagung. Di Desa Tanjung Widoro, air menggenangi 45 rumah warga, TPI, tambak dan jalan lingkungan. Di Desa Kramat menyebabkan 50 hektare tambak tergenang, sementara di Desa Watuagung banjir rob menggenangi TPI, tambak dan jalan poros desa.

"Untuk (Kecamatan) Gresik kota banjir rob sempat terjadi di Kelurahan Lumpur, membuat jalan lingkungan tergenang 10 hingga 15 sentimeter sepanjang 200 meter," kata Tarso.

Selain itu, banjir rob yang terjadi pada hari ini juga sempat melanda Kepulauan Bawean Gresik. Tepatnya di Desa Tambaktimur yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Tambak, dengan air sempat merendam sepuluh rumah warga dan juga jalan lingkungan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/17/195341078/banjir-rob-di-gresik-rendam-520-rumah-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke