Salin Artikel

348 Calon Jemaah Haji Asal Lumajang Diberangkatkan, Bupati: Jaga Kesehatan...

Dari 348 CJH tahun 2022 asal Lumajang itu didominasi oleh lulusan sekolah dasar (SD).

Rinciannya, 130 CJH lulusan SD, 61 CJH lulusan SMP, 74 CJH lulusan SMA, dan sisanya merupakan lulusan D3 sampai S2.

"Tahun ini yang bisa berangkat di kelompok terbang (kloter) 18 hanya 348, seharusnya ada 352," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Lumajang Abdul Rofik, Rabu (15/6/2022).

Rofiq mengatakan empat orang yang batal berangkat disebabkan oleh berbagai faktor mulai meninggal dunia, mengidap TBC, hingga sedang dalam kondisi hamil.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq berpesan kepada segenap jemaah yang diberangkatkannya untuk senantiasa menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci.

Sebab, selain adanya perbedaan cuaca yang berpengaruh terhadap kekebalan tubuh, rangkaian ibadah haji juga cukup menguras fisik.

"Kami pesan tadi kepada jemaah jaga kesehatan, karena memang cuacanya beda, biasanya rentan sakit jadi pola makan, vitamin dan istirahat perlu dijaga agar tidak mengganggu kekhusukan ibadahnya," ucap Thoriq.

Lebih lanjut, Thoriq juga menitipkan doa kepada para jemaah agar Kabupaten Lumajang dijauhkan dari segala macam musibah.

"Kami titip doa juga agar Lumajang ini diberikan berkah dan dijauhkan dari musibah," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/15/182519178/348-calon-jemaah-haji-asal-lumajang-diberangkatkan-bupati-jaga-kesehatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke