Salin Artikel

Khofifah Sampaikan Belasungkawa ke Ridwan Kamil: Begitu Banyak Kebaikan Almarhum Eril

Sejak Eril dinyatakan hilang pada Kamis (26/5/2022), Khofifah beberapa kali berkomunikasi melalui aplikasi pesan WhatsApp kepada Ridwan Kamil.

Lalu ketika jenazah Eril ditemukan, Khofifah sudah menyatakan bahwa ia ingin bertemu untuk mengucapkan belasungkawa secara langsung.

Jenazah Eril tiba di Bandung pada Minggu sekitar pukul 20.00 malam dan disambut masyarakat Kota Bandung.

"Kami ingin memberikan penguatan, ketegaran, kesabaran, dan keikhlasan untuk beliau. Bahwa Allah menunjukkan kemuliaan yang luar biasa pada proses penghantaran ananda almarhum Eril kembali kepada sang Khaliq," kata Khofifah, Senin.

Di rumah duka, Khofifah langsung menemui Ridwan Kamil, sang istri, Atalia Praratya dan keluarga besar untuk mengucapkan belasungkawa kepada Ridwan Kamil secara langsung.

"Alhamdulillah mereka berdua sangat tegar dan ikhlas melepas ananda almarhum mas Eril," ungkap Khofifah.

Khofifah mengatakan, Ridwan Kamil menceritakan momentum saat melihat jenazah almarhum Eril dalam kondisi baik dan harum serta kepalanya menoleh ke kanan menjadikan keduanya kuat, tegar dan tabah.

"Jadi suasana menjadi sangat baik bagi beliau berdua dan saya rasa itu juga satu tanda yang sangat baik.  Artinya banyak hal kebaikan yang dilakukan ananda Eril tanpa diketahui banyak orang, dan Allah telah membalasnya dengan berbagai kemuliaan" ucap Khofifah.

Saat takziah, Khofifah juga mendapatkan banyak cerita dari Ridwan Kamil maupun Bunda Atalia soal testimoni sebagian masyarakat yang pernah mendapatkan kebaikan dari Eril.

"Begitu banyak kebaikan yang dilakukan almarhum Eril tanpa sepengetahuan orangtuanya. Melalui almarhum Eril kita belajar untuk menanam kebaikan yang suatu saat juga akan berbuah kebaikan," tutur Khofifah.

Menurut Khofifah, ada banyak warga yang menyambut kedatangan jenazah Eril. Itu menunjukkan mulianya sikap istiqomah mendiang selama hidup.

"Kita semua melihat Allah memberikan kemuliaan yang luar biasa pada proses pengawalan doa-doa yang dimunajatkan untuk almarhum ananda Eril. Kemuliaan itu Allah tunjukkan kepada kita semua, mudah-mudahan mempermudah Ananda Eril masuk surga-Nya Allah. Aamiin," tutur dia.

Khofifah mengaku tidak begitu mengenal dengan sosok Eril secara personal.

Namun, ia meyakini bahwa sesungguhnya ada buah amal ibadah yang dilakukan oleh Eril yang dilakukan secara istiqomah.

"Teman-teman bisa melihat bahwa kemuliaan Allah yang ditunjukkan kepada Almarhum Eril itu karena pasti ada amal ibadah yang istiqamah dilakukan," ujarnya.

Hal-hal istimewa yang dilakukan oleh Almarhum Eril semasa hidup juga sempat didengar Khofifah dari media dan orang-orang terdekat yang berbagi cerita.

Misalnya ketika tengah malam, Eril acapkali berbagi sedekah kepada mereka yang kurang beruntung.

"Saya rasa kebaikan seperti ini sangat menginspirasi generasi muda untuk bisa diteladani," tutur Khofifah.

Setelah bercengkrama dan mendengar cerita kebaikan Eril semasa hidup, Khofifah bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para pentakziah lainnya melaksanakan sholat jenazah untuk almarhum.

"Itu doa dan hadiah terbaik untuk ananda Eril," ucap dia.

Jenazah Eril sendiri dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan Kp Geger Beas RT 01/05 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin, (13/6/2022) pukul 11.00 siang.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/13/163852278/khofifah-sampaikan-belasungkawa-ke-ridwan-kamil-begitu-banyak-kebaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke