Salin Artikel

Sempat Tertunda, Wabup Tuban Riyadi Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

Wabup Riyadi berangkat bersama rombongan kelompok terbang (Kloter) 6 embarkasi Surabaya dan tiba di bandara Jeddah, Rabu (8/6/2022) pukul 05.00 waktu setempat.

Riyadi menyampaikan, penerbangan menuju Tanah Suci untuk menyusul CJH asal Kabupaten Tuban yang telah berangkat lebih dulu berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah, penerbangan lancar mulai dari Bandara Juanda sampai tiba di Bandara Jeddah hari Rabu sekira pukul 05.00 waktu setempat," kata Riyadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

Setibanya di Tanah Suci, Riyadi bersama rombongan kloter 6 menuju Masjid Nabawi untuk melaksanakan shalat arbain sekaligus berziarah ke Makam Nabi Muhammad.

"Posisi saya masih di Masjid Nabawi dan sedang menunggu kesempatan berziarah ke Makam Rasulullah, karena ke Raudloh sekarang harus daftar menggunakan aplikasi," terangnya.

Riyadi yang merupakan petugas haji daerah (PHD) mengaku, saat ini masih belum bisa bergabung dengan rombongan jemaah haji kloter 1 asal Kabupaten Tuban yang telah tiba di Tanah Suci lebih dulu.

Sebab, proses tahapan dalam menjalankan ibadah haji di Tanah Suci harus mengikuti dan mematuhi aturan yang diterapkan oleh negara arab saudi.

Sehingga, untuk bisa bergabung dengan rombongan kloter 1 asal Kabupaten Tuban, harus menunggu kebijakan dari negara setempat.

"Mungkin bergabungnya nanti setelah dari Madinah ini kan menuju ke maktab persiapan melaksanakan ibadah umroh dulu. Ya, kita ikuti aturannya," ungkapnya.

Riyadi mengaku, meski belum bisa bergabung dengan rombongan asal Tuban. Namun, dirinya sudah bertemu dengan para kepala rombongan dan beberapa orang jemaah dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pihaknya selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan kepala rombongan untuk memastikan aktivitas para jemaah dapat berjalan lancar dan kondisinya baik semua.

"Kita selalu komunikasi dan koordinasi untuk sebisa mungkin mengakomodir para calon jemaah haji aktifitasnya lancar dan kondisinya juga baik," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak empat calon jemaah haji asal Kabupaten Tuban, Jawa Timur, tertunda keberangkatannya bersama rombongan Kloter 1 Embarkasi Surabaya, lantaran terkendala beberapa permasalahan.

Salah satu jemaah yang tertunda keberangkatannya karena positif Covid-19, sudah berangkat bersama kloter 4 setelah hasil tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara, satu calon jemaah ditunda keberangkatannya karena masih masa pemulihan pasca operasi medis.

Sedangkan, Wabup Riyadi, yang merupakan petugas haji daerah (PHD) bersama seorang pendamping haji daerah yang sempat terkendala administrasi, kini sudah berangkat menyusul rombongan.

Sementara, berdasarkan data Kementerian Agama, pada tahun 2022 ini ada sebanyak 590 CJH dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang berangkat ke Tanah Suci.

Jumlah tersebut terbagi menjadi dua Kloter pemberangkatan, Kloter 1 berjumlah 450 CJH dan sisanya 143 CJH tergabung pada kloter 2 Embarkasi Surabaya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/10/081150778/sempat-tertunda-wabup-tuban-riyadi-akhirnya-berangkat-ke-tanah-suci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke