Salin Artikel

Polisi Tangkap 5 Tersangka Perusak Rumah Warga di Probolinggo

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo, Jawa Timur, menangkap lima orang tersangka lain dalam kasus perusakan rumah S yang dituding memiliki ilmu santet. Sebelumnya, polisi telah menangkap J, seorang tersangka yang diduga menjadi dalang perusakan.

Kepala Polres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kelima tersangka itu adalah MJ (35), BDW (50), FSL (45), RTJ (47), dan SGN (49). Kelimanya merupakan tetangga korban, yakni warga Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

"Dengan penangkapan lima pelaku ini, total sudah ada enam tersangka yang kami amankan. Kelima pelaku ini kami amankan dari tempat persembunyiannya," kata Arsya, Kamis (9/6/2022).

Arsya tidak menyebut lokasi persis persembunyian mereka. Mereka ditangkap pada Senin (6/6/2022).

Untuk motif dari kelima pelaku, hingga kini masih didalami pihak kepolisian.

"Masih kami lakukan pendalaman untuk mengetahui motifnya. Dugaan sementara mereka juga ikut termakan berita hoaks terkait isu santet tersebut," papar Arsya.

Jangan percaya hoaks

Sementara itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Paiton Iptu Maskur Ansori menambahkan, kejadian ini cukup menjadi pelajaran bagi masyarakat semuanya agar tidak bertindak anarkis, terutama ketika menerima informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Kami mengimbau agar bila ada informasi seperti itu dapat melapor ke Bhabinkamtibmas, sehingga dapat dilakukan pengecekan dan kejadian tindak pidana penganiayaan maupun perusakan dapat dihindari," ujar Maskur.

Sebelumnya, seorang pria di Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berinisial J merusak dan membakar rumah tetangganya yang berinisial S.

J meyakini, S menyantet anggota keluarganya usai melihat perut seorang kerabatnya yang membuncit. Padahal, setelah diperiksa, kerabat J mengalami sakit TBC, liver, dan kompliksi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/09/184645478/polisi-tangkap-5-tersangka-perusak-rumah-warga-di-probolinggo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke