Salin Artikel

Jelang Idul Adha, Polisi Lakukan Penyekatan Ternak untuk Antisipasi PMK di Madiun

Tak hanya itu, bersama tim Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Polres Madiun memeriksa kesehatan hewan ternak yang masuk dan keluar dari Kabupaten Madiun

"Menjelang Idul Adha ini tentunya kebutuhan sapi dan kambing meningkat. Untuk itu kita harus berhati-hati dan segera mungkin melaporkan bila terdapat hewan ternak dengan tanda-tanda PMK agar segara kita antisipasi," kata Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo, Rabu (8/6/2022).

Untuk mengantisipasi penularan PMK menjelang Idul Adha, kata Anton, pihaknya bersama tim Pemkab Madiun melakukan pemeriksaan dan penyekatan kendaraan pengangkut hewan ternak di perempatan Jl. Raya Madiun – Ngawi, Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Selasa (7/6/2022).

Anton mengatakan penyekatan ini dilakukan, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus PMK yang menyerang hewan ternak jenis sapi, kambing yang keluar masuk Kabupaten Madiun.

Tak hanya itu, Anton bersama tim juga mengecek Posko PMK di Dusun Krapyak, Desa Purworejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun

Untuk memastikan hewan ternak yang keluar masuk bebas PMK, kata Anton, hewan ternak diperiksa mulai dari mulut, kuku, hingga pengukuran suhu tubuh.

Pasalnya, hewan ternak yang memiliki penyakit mulut dan kuku biasanya menunjukkan sejumlah gejala-gejala, seperti suhu badan tinggi hingga mulut sariawan.


Anton menambahkan dirinya sudah memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas turun ke lapangan mengecek hewan ternak milik warga.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga menyosialisasikan PMK kepada peternak.

"Kami sangat serius terkait PMK ini, sedari awal kita sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Salah satunya melalui Bhabinkamtibmas yang melakukan pengecekan dan sosialisasi ke semua peternakan sapi di desa binaan. Selain itu juga memantau ketat di aktivitas rumah potong hewan,” kata Anton.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/08/095130378/jelang-idul-adha-polisi-lakukan-penyekatan-ternak-untuk-antisipasi-pmk-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke