Salin Artikel

Video Pernikahan Pria dengan Domba di Gresik, MUI: Ingin Terkenal, Jangan Menyinggung SARA

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik KH Mansoer Shodiq, turut mengecam tindakan yang dilakukan oleh Saiful Arif (44) warga Desa Klampok, Kecamatan Benjeng.

Arif melakukan ritual pernikahan dengan domba betina yang diberi nama Sri Rahayu.

Meski hanya untuk tujuan konten, Mansoer mengatakan hal itu tak sepantasnya dilakukan.

"MUI jelas mengecam terkait kegiatan seperti itu, yang menggunakan norma-norma agama. Kemarin (Senin) kami sudah utus MUI Kecamatan Benjeng untuk mengklarifikasi," ujar Mansoer saat dikonfirmasi, Selasa (7/6/2022).

Ritual pernikahan pria dengan domba betina tersebut dilaksanakan di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng yang merupakan milik anggota DPRD Gresik dari Fraksi Nasdem, Nurhudi Didin Arianto, Minggu (5/6/2022).

Acara tersebut kemudian diunggah di medsos dan viral, meski saat ini beberapa video telah dihapus.

"Alhamdulillah yang bersangkutan sudah meminta maaf. Imbauan kami, tatkala menggunakan jargon budaya atau ingin terkenal, agar tidak menyinggung soal agama, karena itu sangat sensitif sekali. Karena itu mencakup SARA (Suku Agama Ras dan Antargolongan)," kata Mansoer.

Dalam video, memang terlihat kegiatan yang dilakukan layaknya prosesi pernikahan sah.

Sempat pula terucap ijab kabul dengan bahasa Indonesia layaknya pernikahan manusia, dengan prosesi berbalut adat kejawen.

"Kalau kejadian itu untuk kepentingan konten medsos, saya minta secepatnya dihapus. Tetapi kalau video dan sudah viral itu orientasinya mengandung ajaran sebuah paham, maka pihak berwenang dalam hal ini Kemenag (Kantor Kementerian Agama Gresik) harus cepat turun tangan dan melakukan pembinaan,” ucap Sekretaris PCNU Gresik, Mohammad Syifa’ul Fuad, saat dikonfirmasi secara terpisah.


Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Gresik Mohammad In'am menyatakan, agenda ritual pernikahan tersebut tidak lazim dan sudah di luar akal sehat.

Bahkan, hal tersebut dinilai merupakan bentuk penyimpangan yang harus segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

"Karena itu, selain agar pelakunya cepat bertobat, pihak berwenang dalam hal ini Kemenag harus cepat turun tangan," tutur In'am.

Usai video tersebar, anggota DPRD Gresik Nurhudi sempat memberikan klarifikasi kepada awak media.

"Itu hanya konten, tidak membawa agama atau menyinggung sisi agama manapun. Dalam prosesi keceplosan dan berhubung sudah tersebar (video), saya mohon maaf," kata Nurhudi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/07/153608178/video-pernikahan-pria-dengan-domba-di-gresik-mui-ingin-terkenal-jangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke