Salin Artikel

Rute Susur Sungai Kalimas Surabaya Diperpanjang hingga Rumah Kelahiran Bung Karno

Rencananya, pengunjung bisa menikmati sungai hingga ke kawasan Kelurahan Peneleh di Kecamatan Genteng.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, rute susur Sungai Kalimas diperpanjang merespons besarnya animo masyarakat yang sangat menyukai wisata air tersebut.

Nantinya, wisata susur Sungai Kalimas akan dirangkai dengan tema wisata lainnya, seperti wisata kebangsaan yang berada di dekat rumah kelahiran Presiden ke-1 RI, Bung Karno.

Terlebih lagi, rumah kelahiran Bung Karno di Jalan Pendean Gang IV No. 40, kelurahan Peneleh, Surabaya, akan dijadikan museum dan diresmikan pada peringatan Hari Pahlawan, 10 November mendatang.

"Jadi wisata sejarah di kawasan Peneleh akan kita gandeng dengan wisata susur Sungai Kalimas. Di kawasan ini akan kita bangun sebuah dermaga," kata Eri di Surabaya, Selasa (7/6/2022).

Konsep penggabungan wisata air dan wisata sejarah ini akan terus dimatangkan.

Untuk saat ini, rute susur Sungai Kalimas meliputi Monumen Kapal Selam (Monkasel) - Museum Pendidikan - Siola - kembali ke Monkasel. Serta, rute Taman Prestasi - Museum Pendidikan - dan kembali ke Taman Prestasi.

Sebelum memperpanjang rute, Pemkot Surabaya terlebih dahulu akan mempercantik kawasan di sepanjang bibir sungai. Salah satunya, area Skate and BMX Park di Jalan Ketabang Kali Kota Surabaya, yang juga dilewati rute susur Sungai Kalimas.

Pengunjung tak hanya bisa menikmati atraksi lampu atau lampion, namun juga pertunjukan para pemain skateboard dan sepeda BMX.

Selain itu, armada perahu juga akan ditambah. Saat ini, Pemkot Surabaya baru memiliki 7 perahu yang melayani kedua rute tersebut.

Berkapasitas 12 orang, jumlah perahu tersebut masih perlu ditambah.

Menurut Eri, jumlah pengunjung yang menjajal wisata susur Sungai Kalimas di dua lokasi ini cukup tinggi.

"Animo masyarakat sangat luar biasa. Di luar ekspektasi kami," kata Eri.

Wisata susur Sungai Kalimas ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk menikmati suasana di jantung Kota Surabaya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/07/145123678/rute-susur-sungai-kalimas-surabaya-diperpanjang-hingga-rumah-kelahiran-bung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke