Salin Artikel

PMK Meluas, Semua Pasar Hewan dan RPH di Nganjuk Disemprot Disinfektan

Sebagai langkah penanganan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melakukan penyemprotan disinfektan di semua pasar hewan dan rumah potong hewan (RPH) di Nganjuk.

“PMK ini termasuk bencana non-alam, makanya dalam rangka untuk antisipasi pencegahan PMK ini dari BPBD mengadakan penyemprotan,” ujar Kalaksa BPBD Kabupaten Nganjuk Abdul Wakid di RPH Nganjuk, Selasa (7/6/2022).

Wakid menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Nganjuk, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk.

“Akhirnya pada hari ini kita mengadakan penyemprotan,” tuturnya.

Hari ini, BPBD Kabupaten Nganjuk bersama stakeholder terkait penyemprotan disinfektan di Pasar Sapi Guyangan, Pasar Sapi Tanjunganom, RPH Nganjuk, dan sejumlah pasar kambing di Kota Bayu.

“Semua pasar hewan yang ada di Kabupaten Nganjuk ini akan kita semprot, termasuk rumah pemotongan hewan yang sekarang ini kita berada di sini,” kata dia.

“Dan kegiatan penyemprotan ini tidak hanya sekali ini saja. Ini akan kami adakan penyemprotan secara rutin, paling enggak maksimal itu tiga sampai lima hari sekali kita adakan penyemprotan,” lanjut Wakid.

Wacana tanggap darurat bencana

Berdasarkan informasi yang diterima Wakid, sudah lebih dari 1.000 hewan ternak di Kabupaten Nganjuk terjangkit wabah PMK. Wakid menilai kondisi ini sudah termasuk masa tanggap darurat bencana.

“Ini ada 1.000 lebih hewan yang kena PMK, ini sudah masuk darurat. Mestinya dari Dinas Pertanian, termasuk dari BPBD nanti akan berdiskusi, ini akan segera membentuk (menetapkan status) tanggap darurat bencana,” kata dia.

Untuk pendanaan di masa tanggap darurat bencana, lanjut Wakid, anggarannya bisa diambil dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT).

“BTT yang mengajukan dari Dinas Pertanian, kemudian kepadanya bupati, kemudian diadakan verifikasi, review, dan sebagainya,” jelasnya.

“Sehingga, harapannya nanti bisa untuk vaksin yang ada di Kabupaten Nganjuk, yang ada kaitannya dengan vaksin hewan ternak,” jelas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/07/141728078/pmk-meluas-semua-pasar-hewan-dan-rph-di-nganjuk-disemprot-disinfektan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke