Salin Artikel

4 ABK Zidane Express Selamat, Ditemukan Terombang-ambing di Atas Rakit Buatan

Keempat ABK tersebut ditemukan usai sebelumnya dinyatakan hilang kontak pada Jumat (27/5/2022). Kini, keempat ABK itu dirawat di Puskesmas Sapeken.

"Setelah dilakukan pengecekan awal oleh tim medis secara umum (ABK) dalam keadaan Sehat dan tidak ada keluhan dari korban," kata Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Senin (30/5/2022).

Widiarti menjelaskan, empat ABK itu ditemukan KM Mulya Jaya Wisesa saat melintas di perairan Sapeken Kabupaten Sumenep.

Nakhoda KM Mulya Jaya Wisesa, Khairul melihat empat orang terombang-ambing di laut lepas. Keempat orang itu bertahan di atas rakit yang dibuat dari kumpulan stereofoam.

Setelah didekati, keempat orang itu ternyata ABK Zidane Express.

Adapun keempat orang itu di antaranya Ali Wafa (46), Rusyadi (54), dan Ajim (36), ketiganya warga Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep. Sementara satu orang lainnya yakni Ansori yang berasal dari Banyuwangi.

"Menurut keterangan Nahkoda KM Mulya Jaya Wisesa, mereka menemukan keempat ABK KM Zidane Expres sekitar pukul 15.00 WIB," ujar Widiarti.

Widiarti belum menjelaskan lebih rinci terkait kronologi lengkap KM Zidane Expres hilang kontak.


Namun berdasarkan keterangan dari salah satu ABK, lanjut Widiarti, KM Zidane Expres mengalami mati mesin pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.00 WIB.

Kapal yang diketahui bertolak dari perairan Pantai Boom Banyuwangi dengan tujuan Pulau Sapeken Sumenep itu kemudian kemasukan air melalui knalpot kapal.

"Air laut masuk melalui Knalpot yang membuat kapal akhirnya tenggelam karena muatan yang berat," tuturnya.

Seluruh ABK kemudian bertahan di rakit buatan. Meraka juga bertahan hidup dengan makanan seadanya setalah terombang-ambing di laut lepas sekitar tiga hari.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/31/050000078/4-abk-zidane-express-selamat-ditemukan-terombang-ambing-di-atas-rakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke