Salin Artikel

3 Produk UMKM Asal Sumenep Ini Ditarget Tembus Pasar Luar Negeri

SUMENEP, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian terus berupaya meningkatkan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi berbasis kekuatan lokal. Bahkan, tiga produk unggulan UMKM di Sumenep ditarget tembus pasar luar negeri.

Tiga produk unggulan itu yakni ukiran kayu, batik, dan pusaka keris. Tiga produk UMKM itu ditarget tembus ke pasar global melalui program ekspor ke luar negeri.

"Kami juga fasilitasi pemasaran produk unggulan UMKM baik lokal maupun regional. Bahkan, kita berupaya bisa ekspor produk unggulan UMKM ke tingkat mancanegara," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumenep, Mohammad Asy'ari saat dihubungi, Senin (30/5/2022).

Upaya Pemkab Sumenep untuk memajukan ketiga produk unggulan tersebut, kata Asy'ari, dengan melakukan beberapa langkah, di antaranya memberikan bantuan.

"Pemberian bantuan ke masing-masing pelaku produk unggulan itu sudah kami lakukan. Seperti pemberian peralatan pembuatan keris," tuturnya.

Bahkan, untuk batik, pihaknya juga telah memberikan pelatihan pewarnaan dan desain-desain batik, corak motif dan sebagainya.

"Termasuk kepada pelaku produk ukiran, kami juga memberikan fasilitasi studi banding ke Jepara," paparnya.

Ia pun berharap, para pelaku usah terus mengasah diri untuk bisa membuat produknya layak berada di pasar global. Dengan begitu, produk-produk tersebut bisa diterima oleh banyak kalangan dan layak bersaing dengan produk lain, baik di dalam dan luar negeri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/30/181822578/3-produk-umkm-asal-sumenep-ini-ditarget-tembus-pasar-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke