Salin Artikel

Hilang 3 Hari, Nelayan Asal Lamongan Ditemukan Tewas Mengapung di Perairan Utara Tuban

Jasad Matakin ditemukan mengapung di perairan laut utara Tuban, tepatnya di kawasan dermaga Pelabuhan PT TPPI SPM 35,05 turut Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Matakim adalah nelayan asal Lamongan yang dinyatakan hilang akibat kapal motor yang digunakan mencari ikan bersama dua rekannya terbalik dihantam ombak besar Laut Jawa pada 23 Mei lalu. 

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Jenu, AKP Gunawan Wibisono mengatakan, jasad korban ditemukan petugas Polairud yang sedang melakukan patroli pengamanan perairan Laut Jawa.

"Korban dievakuasi ke darat menggunakan Kapal Transko milik PT Pertamina, dan selanjutnya dibawa ke RSUD dr R. Koesma Tuban," kata Gunawan kepada Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

Penemuan jasad korban bermula ketika petugas patroli Polairud melihat jasad mengapung di tengah laut yang tidak jauh dari kawasan dermaga PT TPPI Tuban pada pukul 06.30 WIB.

Temuan tersebut selanjutnya dilaporkan ke petugas Polsek Jenu dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

Petugas gabungan dari BPBD dan Polsek Jenu langsung mendatangi lokasi dermaga PT TPPI Tuban untuk mengevakuasi korban. 

Hasil otopsi di RSUD dr Koesma Tuban memastikan korban adalah Matakim, salah satu nelayan asal Lamongan yang hilang dan tenggelam tersapu ombak besar saat sedang mencari ikan dilaut.

"Jasad korban langsung kami serahkan kepada pihak keluarga," ungkapnya.

Sebelumnya, Kapal Motor Nelayan (KMN) yang dinahkodai Syaiful Arif dengan dua ABK yakni Matakim dan Khidfirul Aziz warga asal Paciran, Kabupaten Lamongan tenggelam dihantam ombak besar, Senin, (23/5/2022).

Akibat kejadian itu, Syaiful Arif ditemukan oleh nelayan dari Desa Brengkok, Kecamatan Brondong dalam kondisi selamat, begitu juga dengan Khidfirul Aziz ditemukan oleh nelayan asal Blimbing, Kecamatan Paciran dengan selamat.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/27/065407778/hilang-3-hari-nelayan-asal-lamongan-ditemukan-tewas-mengapung-di-perairan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke