Salin Artikel

Ratusan Sapi Perah di Lumajang Terjangkit PMK, Produksi Susu Anjlok

Kondisi paling parah dirasakan para peternak sapi perah di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Dari 5.543 ekor sapi perah, sebanyak 725 ekor sapi perah terjangkit PMK.

Sebanyak enam ekor di antaranya mati mendadak, ditambah 23 sapi terpaksa disembelih karena kondisinya sudah sangat parah.

Sekretaris Koperasi Unit Desa (KUD) Tani Makmur, Subari mengatakan, parahnya PMK yang menyerang sapi perah di Senduro sangat berdampak pada ekonomi masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai peternak sapi perah.

Sebab, meski sapi yang terkena PMK masih bisa menghasilkan susu, tapi kualitasnya tercemar sehingga tidak layak untuk diminum.

Kini, dalam satu hari para peternak hanya bisa menghasilkan 25 ton susu sehari.

"Sehari turunnya 6 ton dibandingkan kondisi normal, biasanya bisa 31 ton sehari," kata Subari di kantor KUD Tani Makmur Senduro, Kamis (26/5/2022).

Subari menambahkan, pihaknya telah berupaya untuk meningkatkan produksi susu sapinya dengan memberikan suplai vitamin dan obat antibiotik untuk sapi yang sakit.

Kualitas dan kuantitas susu sapi Senduro memang sangat diperhatikan oleh pihak pengelola KUD. Sebab, selama ini Senduro menjadi salah satu penyuplai utama bagi perusahaan susu asal Swiss, Nestle.

"Kemarin sudah kami gelontorkan obat dan vitamin, kira-kira hampir Rp 75 juta kita keluarkan untuk menjaga kualitas," tambahnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifudin mengatakan bahwa wabah PMK perlu segera mendapatkan penanganan.

Terlebih, banyak peternak di Senduro membeli sapi perah dari hasil pinjaman bank. Angsuran tiap bulan juga tetap harus mereka bayar meski di tengah wabah PMK.

"Saya harap pemerintah membantu peternak untuk menegosiasi pihak perbankan supaya mendapat relaksasi karena peternak sebelumnya membeli sapi menggunakan pendanaan bank," ungkapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/27/062956478/ratusan-sapi-perah-di-lumajang-terjangkit-pmk-produksi-susu-anjlok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke