Salin Artikel

PMK di Lumajang Memasuki Fase Kritis, Pemkab Sediakan Call Center untuk Peternak

LUMAJANG, KOMPAS.com - Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Lumajang, Jawa Timur, memasuki fase kritis.

Dalam rentang waktu 3 minggu, terdapat 1.309 hewan ternak di Lumajang yang terpapar PMK. 1.174 di antaranya adalah hewan ternak jenis sapi. Sisanya terdiri dari 15 ekor domba, 52 ekor kambing, dan 68 ekor kerbau.

Khusus untuk sapi, sembilan ekor sudah dinyatakan sembuh, 17 ekor mati, delapan ekor dijual dan enam ekor dipotong paksa.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, Kabupaten Lumajang termasuk dalam tujuh kabupaten di Jawa Timur yang terkonfirmasi terjangkit wabah PMK.

"Ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat bahwa kita termasuk tujuh kabupaten di Jatim yang terkonfirmasi PMK, lima kabupaten lain masih level suspek," kata Indah di kantor Pemkab Lumajang, Rabu (25/5/2022).

Call center

Pemerintah Kabupaten Lumajang telah menerapkan berbagai langkah untuk mencegah meluasnya wabah tersebut. Salah satunya dengan menyediakan layanan call center PMK dengan nomor 0813-5905-1153. Call center ini bisa diakses oleh semua peternak di Kabupaten Lumajang.

Dengan adanya layanan call center, masyarakat bisa mendapatkan informasi seputar PMK dan melakukan pengaduan serta permohonan layanan penanganan.

"Kita bentuk call center, semua peternak bisa akses, silakan untuk menghubungi jika ada keluhan," tambahnya.


Selain layanan call center, Pemkab juga menyediakan petugas kesehatan hewan yang siap menerima keluhan warga kapanpun.

Petugas kesehatan itu akan secara rutin memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak milik warga dan mengambil tindakan penanganan jika ditemukan ternak yang terpapar PMK.

Indah menegaskan bahwa semua pelayanannya kepada masyarakat diberikan secara gratis. Namun, ia tidak memungkiri jika ada mantri hewan yang legal dan berbayar.

"Petugas dari kami selalu bawa id card sehingga gratis, tapi tidak menutup kemungkinan ada mantri hewan yang legal dan berbayar, jadi silakan memilih, tapi kalau mau gratis gunakan petugas resmi dari kami," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/25/165455878/pmk-di-lumajang-memasuki-fase-kritis-pemkab-sediakan-call-center-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke