Salin Artikel

Sandiaga Uno Resmikan Pembangunan Gedung UMKM Halal di Sumenep, Siap Bawa Produk Lokal Mendunia

Gedung UMKM Halal Hub pertama di Indonesia itu nantinya diharapkan menjadi wadah untuk menciptakan lapangan kerja baru, hingga melahirkan ide-ide dan gagasan baru di dunia industri kreatif di Kabupaten Sumenep.

"Hari ini kita lakukan peletakan batu pertama semoga fasilitas gedung UMKM Halal Hub ini membawa berkah, membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, melahirkan ide-ide dan gagasan baru Indonesia kreatif," kata Sandiaga di Sumenep, Selasa.

Sandiaga menjelaskan, produk UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Sumenep tidak kalah jika dibandingkan dengan produk UMKM daerah lain.

Produk UMKM dan ekonomi kreatif tersebut didukung dengan destinasi wisata unggulan. Salah satunya yakni desa wisata yang masuk 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

Dengan begitu, pembangunan Gedung UMKM Halal Hub nantinya bisa menjadi bagian penting di Kabupaten Sumenep.

"Sumenep Alhamdulillah memiliki wisata alam Pantai Lombang, Gili Labak, wisata budaya Museum Keraton Sumenep, Kota Tua Kalianget, wisata religi komplek Asta Tinggi dan Asta Katandur. Dan sekarang kita tambah dengan kolaborasi halal hub," kata dia.

Sejumlah fasilitas yang akan dikembangkan di UMKM Halal Hub tersebut nantinya akan terdiri dari sejumlah bagian.

Di antaranya ruang workshop pembinaan, ruang konsultasi UMKM, ruang sinergi antardinas, ruang paguyuban UMKM dan logistik hub.


Sedangkan untuk pengembangan langsung produk UMKM yang memerlukan ruang packaging storage, pembangunannya akans segera dimulai.

"Sumenep ini bagian dari ekosistem ekonomi kreatif dan hari ini kita letakkan batu pertama, semuga fasilitas gedung UMKM ini bermanfaat," tuturnya.

"Kami juga berharap ini menjadi ekosistem Global halal hub yang tersambung dengan dunia sesuai dengan semangat kita untuk brand halal Indonesia yang bisa berdaya saing dan diakui oleh dunia," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/24/145103878/sandiaga-uno-resmikan-pembangunan-gedung-umkm-halal-di-sumenep-siap-bawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke