Salin Artikel

Banjir Rob Landa Sejumlah Wilayah di Tuban, Lurah Karangsari: Ini Terparah dan Lama Surutnya

Rumah warga yang terendam banjir rob tersebut di antaranya di Desa Gadon, Kecamatan Tambakboyo; Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu; serta Kelurahan Karangsari dan Kelurahan Kingking, Kecamatan Kota.

Lurah Karangsari Regu Wibowo mengatakan, banjir rob yang merendam rumah warga tersebut sudah berlangsung sejak Jumat, (20/5/2022).

Menurut Regu, banjir roba kali ini merupakan yang paling parah. Sebab, Regu mengaku, banjir rob tak pernah merendam rumah warga di wilayahnya selama ini.

"Jumat sudah mulai banjir, kemudian surut dan sekarang banjir lagi. Dan ini banjir terparah dan lama surutnya," kata Regu Wibowo, kepada Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Regu menyebutkan, setidaknya 800 kepala keluarga (KK) di kelurahannya terdampak.

Bahkan, atap sejumlah rumah yang berada di pinggir pantai juga rusak karena dihantam ombak.

Menurutnya, banjir rob yang merendam rumah warga dan merusak sejumlah perahu milik para nelayan tersebut belum juga ada tanda-tanda akan surut.

"Karenanya, warga kami khususnya yang tinggal di pesisir laut, kami minta agar selalu waspada jika terjadi terjangan ombak besar agar segera menyelamatkan diri," ujarnya.

Sementara, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 3 Tuban, Zem Irianto mengungkapkan, banjir rob yang terjadi hampir di seluruh pesisir Jawa timur pengaruh dari fenomena full flower blood moon.

Fenomena tersebut terjadi akibat posisi matahari bumi dan bulan berada pada satu garis sejajar dan ada di jarak terdekat dengan bumi.

Kondisi ini akan terus berlangsung hingga 25 Mei 2022. Saat ini, kata Zem, tinggi ombak di pesisir pantai Jawa Timur akan mencapai 1,25 hingga 2,5 meter.

"Untuk perairan perairan Tuban dan Lamongan ketinggian bisa mencapai 2,5 meter dan para nelayan kita minta selalu berhati-hati," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/23/200443978/banjir-rob-landa-sejumlah-wilayah-di-tuban-lurah-karangsari-ini-terparah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke