Salin Artikel

Lambung Kapal Bocor, KLM Anugrah Ilahi Tenggelam di Perairan Pulau Sapudi Sumenep

Kapal bermuatan bahan bangunan dengan empat orang Anak Buah Kapal (ABK) tersebut tenggelam usai lambung kapal mengalami kebocoran.

Akibatnya, air laut masuk ke badan kapal.

"Lambung kapal bocor sehingga mengakibatkan air terus masuk (ke dalam kapal dan tenggelam)," kata Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Senin.

Kronologi

Widiarti menjelaskan, peristiwa tenggelamnya KLM Anugrah Ilahi bermula saat kapal berada di perairan Pengeboran MDH Sapudi Kabupaten Sumenep dengan koordinat 7°14.156' LS - 114°18.471' BT sekitar 5 mil sebelah selatan Pulau Sapudi.

Saat itu, nahkoda kapal mendapati lambung kapal mengalami kebocoran yang menyebabkan air laut masuk ke dalam badan kapal.

Seluruh ABK kemudian berusaha memperbaiki kebocoran tersebut, namun air laut terus masuk dan menyebabkan mesin kapal mati.

Usaha beberapa menit untuk menyelamatkan kapal tersebut gagal.

Kapal bermuatan semen 1000 sak, 50 lembar tripleks, dan 150 lembar kalsiboard itu tenggelam ke laut.

Semua ABK, kata Widiarti, berhasil menyelamatkan diri dengan benda-benda mengapung yang ada di kapal.

"Semua ABK dalam keadaan selamat," kata Widiarti.


Kejadian tenggelamnya KLM Anugrah Ilahi kemudian diketahui oleh Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Sapudi yang saat itu melakukan patroli.

Bersama Polsek dan pihak Syahbandar Sapudi, mereka kemudian bergerak menuju lokasi untuk menyelamatkan empat orang ABK kapal.

"Empat kru kapal tenggelam sudah diselamatkan oleh kapal Patroli KPLP Sapudi untuk dibawa ke Pelabuhan Pulau Sapudi," ujar dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/23/170419878/lambung-kapal-bocor-klm-anugrah-ilahi-tenggelam-di-perairan-pulau-sapudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke