Salin Artikel

22 Calon Jemaah Haji Asal Lumajang Tak Lunasi Biaya, Kuota Digantikan Jemaah Cadangan

Sebanyak 22 orang itu akan digantikan oleh 71 CJH yang masuk kuota cadangan. Namun, nama-nama yang menggantikan masih belum ditentukan.

Penunjukan nama CJH pengganti disebut akan diumumkan sebelum 27 Mei mendatang oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Lumajang Abdul Rofik mengatakan, 22 CJH tersebut telah memberikan konfirmasi perihal penundaan keberangkatan ke tanah suci.

Menurutnya, mereka menunda keberangkatan karena ingin melakukan persiapan yang lebih matang. Selain itu, juga terdapat 2 CJH yang meninggal dunia sebelum pemberangkatan.

"Dua calon jemaah meninggal dunia, kita masih menunggu akta kematiannya untul kita urus peralihan ke ahli waris," kata Rofiq di Kantor Kemenag Lumajang, Senin (22/5/2022).

Selain itu, empat CJH yang sempat menarik kembali uangnya karena pandemi Covid-19 juga telah melunasi biaya dan akan berangkat tahun ini.

"Empat jemaah yang dulu membatalkan dan mengambil uangnya sekarang juga sudah melunasi sesuai ketentuan biaya haji yang baru," tambahnya.

Lebih lanjut, Rofik menyebut persiapan pemberangkatan jemaah haji asal Lumajang hampir rampung.

Tanggal 27-28 Mei 2022, pihaknya akan menggelar manasik haji di Gedung Soedjono, Lumajang.

"Nanti akan kami siapkan dua orang petugas haji daerah, dan satu petugas pembimbing ibadah dari luar Lumajang," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/23/133411378/22-calon-jemaah-haji-asal-lumajang-tak-lunasi-biaya-kuota-digantikan-jemaah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke