Salin Artikel

Viral Area Toilet Stadion Gajayana Kota Malang Kotor, Dispora: Petugas Kebersihan Abai

Video itu memperlihatkan area toilet di Stadion Gajayana yang kotor dengan keterangan tulisan 'Pagi ini ke Stadion Gayana toilet di Tribun VIP bikin ngilu'. 

Dalam keterangan video tersebut, Sutiaji memberikan tanggapan akan segera membenahi permasalahan yang ada.

Tanggapan Dispora

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, area toilet stadion yang kotor terjadi karena petugas kebersihan abai.

Padahal fasilitas toilet itu kerap digunakan oleh masyarakat.

"Banyak kegiatan yang dilakukan di stadion mulai dari sewa lapangan semua memakai itu. Kebetulan petugasnya yang abai, jadi harusnya setiap hari dibersihkan," kata Ida saat dihubungi via telepon pada Minggu.

Ida menyampaikan ada lima petugas kebersihan yang khusus membersihkan area dalam stadion. 

Namun, menurutnya, petugas kebersihan itu abai karena berasumsi jarang ada acara atau pun warga yang datang ke stadion selama pandemi Covid-19. 

"Itu kan fasilitas umum yang harus diperhatikan betul. Kadang mereka berpikiran, orang tidak pernah ke sini jadinya diam saja mereka, padahal itu tugas hariannya mereka," katanya.

Kendati demikian, Ida mengungkapkan, area yang kotor itu baru belakangan ini terjadi.

Ia juga akan meminta Kepala Bidang Olahraga Disporapar untuk menangani permasalahan tersebut dengan menegur petugas kebersihan pada Senin (23/5/2022).

"Itu bukan kerak lama tapi bekasnya orang bawa sepatu, bawa apa ke sana, kemudian orang habis minum digeletaknya gitu aja. Saya sudah tidak habis-habis kasih tahu mereka (petugas kebersihan), itu jangan sampai abai. Termasuk juga tempat cuci tangan jangan sampai abai," ucapnya. 

Ida menegaskan bahwa pihaknya selama ini rutin merawat Stadion Gajayana. Menurutnya, kondisi yang terekam dalam video tersebut hanya kebetulan terjadi. 

"Yang di bawah itu kan kita sudah perbaiki semua. Fasilitas toilet laki dan perempuan sudah kita ganti, keran air semua juga. Kebetulan kemarin yang abai ya petugasnya karena harus macam-macam yang dibersihkan di lingkungan itu," ungkapnya.

Meski tak ada pertandingan resmi selama pandemi Covid-19, Ida memastikan pihaknya juga tetap melakukan perawatan pada rumput stadion sejak Februari lalu. 

"Bukan diganti tetapi dipupuk, disirami, dipotong dan lain sebagainya, yang jelas ada perawatannya. Perawatan rumput Februari kemarin, selama satu bulan dirawat, makanya kita nggak ngapa-ngapain selama satu bulan itu Februari sampai Maret," ujar Ida. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/22/201533778/viral-area-toilet-stadion-gajayana-kota-malang-kotor-dispora-petugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke