Salin Artikel

Polisi Sebut Banyak Penumpang Tidur Saat Kecelakaan Bus Pariwisata di Tol Sumo

Hal itu karena semua saksi yang diperiksa mengaku sedang tidur saat kecelakaan terjadi.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto menyebut, terdapat enam saksi yang diperiksa terkait kecelakaan itu. Mereka adalah lima penumpang dan seorang sopir utama, AA.

"Para saksi belum dapat memberikan penjelasan gamblang karena mereka sedang tidur saat kejadian kecelakaan," kata Dirmanto di Surabaya, Rabu (18/5/2022).

Proses hukum dalam kasus tersebut, kata Dirmanto, ditangani oleh Satlantas Polres Mojokerto.

Sebelumnya, bus pariwisata Ardiansyah yang membawa 34 penumpang itu terlibat kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), Senin (16/5/2022) pagi.

Bus itu membawa puluhan penumpang dari Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Surabaya, yang berwisata ke Yogyakarta dan dataran tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

Sopir Bus Pariwisata Ardiansyah dengan nomor polisi S 7322 UW itu bernisial AF. Sopir itu mengalami luka berat dan dilarikan ke Rumah Sakit Citra Medika Mojokerto.

"Yang bersangkutan (AF) masih menjalani tahapan perawatan dan pemulihan medis di RS Citra Medika. Terakhir kali kondisi kesehatannya didiagnosis, dia mengalami cedera otak ringan," kata Dirmanto.

Hasil pendataan, kecelakaan tersebut mengakibatkan 14 penumpang tewas dan 19 lainnya luka berat.

Peristiwa tersebut terjadi di KM 712+400 jalur A Tol Sumo arah Surabaya. kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Berdasarkan keterangan polisi, kecelakaan tunggal itu diduga terjadi karena bus  menabrak tiang Variable Message Sign (VMS) lalu terguling. Saat kecelakaan, situasi lalu lintas lancar dan cuaca cerah.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/18/191931278/polisi-sebut-banyak-penumpang-tidur-saat-kecelakaan-bus-pariwisata-di-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke