Salin Artikel

Pasar Hewan Ditutup Imbas PMK, Bupati Malang Sarankan Pedagang Jual Sapi secara Online

Penutupan ini merujuk Surat Edaran (SE) Bupati Malang nomor 800/3699/35.07.201/2022 akibat maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sebagai solusi, Sanusi menyarankan pedagang sapi atau kambing sementara waktu beristirahat melakukan aktivitas perdagangan.

"Atau bisa berjualan secara online," ungkap Sanusi saat ditemui, Selasa (17/5/2022).

Sanusi mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait maraknya wabah tersebut. Menurutnya, SE tersebut diedarkan sebagai upaya pengendalian penyebaran PMK di Kabupaten Malang.

"Kalau pasar maksa dibuka, siapa nanti yang bertanggung jawab ketika ada penularan?" ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap para pedagang turut membantu mengendalikan penyebaran wabah PMK dengan cara mengikuti aturan yang tertuang dalam SE.

"Pedagang harus turut sama-sama mengendalikan. Kalau semakin beredar, justru semakin membahayakan bagi hewan. Menurut Dinas Peternakan peredarannya sangat cepat. Ia bisa menular di sepanjang jalan yang dilewati," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Malang mengeluarkan SE seiring maraknya wabah PMK pada hewan ruminansia dan babi di Kabupaten Malang.

SE itu dikeluarkan sejak Kamis (12/5/2022) bernomor 800/3699/35.07.201/2022 ditandatangani Bupati Malang, HM Sanusi.

Ada lima poin isi dari SE tersebut. Yakni membatasi lalu lintas dari dan menuju Kabupaten Malang, penutupan semua pasar hewan hingga waktu tidak ditentukan, dan menghentikan operasional tempat pemotongan hewan (TPH) milik perorangan dan mengalihkan pemotongan ke Rumah Pemotongan Hewan.

Kemudian, melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar kandang dan pasar hewan, dan seleksi ketat penyembelihan ternak ruminansia di Rumah Potong Hewan (RPH).

Sejumlah pedagang sapi dan kambing di Pasar Hewan Gondanglegi, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang pun protes akibat adanya penutupan pasar.

Mereka meminta pasar hewan dibuka kembali karena saat ini merupakan kesempatan bagi para pedagang sapi dan kambing menjelang lebaran Idul Adha.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/17/211317978/pasar-hewan-ditutup-imbas-pmk-bupati-malang-sarankan-pedagang-jual-sapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke