Salin Artikel

Banjir Rob Landa Kalianget Sumenep, Warga Diminta Waspada

SUMENEP, KOMPAS.com - Satu desa di pesisir Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dilanda banjir rob, Selasa (17/5/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kendati tak menimbulkan kerugian materil, sejumlah warga sempat kesulitan melakukan aktivitas. Sebab, air laut sempat masuk ke rumah-rumah warga hingga ketinggian sekitar 30 sentimeter.

"Beberapa dari kami (warga) bahkan harus memindahkan barang-barang agar aman dari genangan air," kata Sulhan, salah satu warga Desa Kertasada, Kalianget, saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Sulhan menyebut, peristiwa banjir rob di pesisir Desa Kertasada, Kalianget, sejatinya bukan kali ini saja terjadi. Selama tahun 2022, banjir rob sudah berulang kali terjadi sejak Januari lalu.

Ia berharap, tak ada banjir rob susulan yang melanda Desa Kertasada Kalianget dan sekitarnya. Dengan begitu, warga bisa melakukan aktivitas dengan normal.

"Semoga tidak ada (banjir rob) susulan, aktivitas kami juga bisa kembali normal," tuturnya.

Warga diminta waspada

Kepala Sub Bagian Humas Kepolisian Resor (Polres) Sumenep AKP Widiarti menjelaskan, banjir rob terparah yang melanda Desa Kertasada Kalianget terjadi di Dusun Boom Kalianget Sumenep.

Kendati begitu, ia menegaskan tak ada korban jiwa ataupun kerugian materil yang terjadi akibat banjir rob tersebut.


"Jumlah kerugian materil nihil dan korban jiwa nihil. Sampai saat ini situasi dalam keadaan aman dan kondusif," kata Widiarti saat dihubungi terpisah.

Pihaknya sudah terjun ke lokasi untuk memberikan imbauan kepada warga agar lebih waspada mengantisipasi adanya banjir rob susulan.

Selain itu, warga juga diimbau untuk selalu berhati-hati terkait penempatan jalur listrik untuk menghindari korsleting.

"Prakiraan terjadinya banjir rob telah diprediksi oleh BMKG Tanjung Perak Surabaya untuk pesisir Kalianget terjadi tanggal 16 hingga 18 Mei 2022," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/17/142855878/banjir-rob-landa-kalianget-sumenep-warga-diminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke