Salin Artikel

Bantu Korban Kecelakaan Bus Pariwisata, Pemkot Surabaya Siagakan Personel BPBD di RS

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya menyiagakan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya di setiap rumah sakit yang menjadi lokasi perawatan korban kecelakaan bus pariwisata di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Hal itu sebagai salah satu bentuk intervensi Pemkot Surabaya dalam penanganan korban kecelakaan tersebut.

"Alhamdulillah, ini saya dengan Bu Wali Kota Mojokerto, saya matur nuwun (terima kasih) mewakili seluruh masyarakat Surabaya. Karena ringan tangannya beliau, warga Surabaya yang mengalami musibah di Mojokerto sudah tertangani baik di seluruh rumah sakit di Mojokerto," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Eri memastikan, Pemkot Surabaya memberikan intervensi semaksimal mungkin dan terbaik bagi warga Kota Pahlawan yang terkena musibah dalam kecelakaan maut itu. Nantinya, setelah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit yang ada di Mojokerto, Pemkot akan memberikan pendampingan saat pemulihan di Surabaya.

"Insyaallah recovery-nya bisa dilakukan di Kota Surabaya. Karena bagaimanapun masyarakat Surabaya ini, keluarga yang menunggu lebih srek (tenang) kalau dirawat di Surabaya," jelasnya.

Oleh karena itu, ia juga menginstruksikan kepada BPBD Surabaya untuk menyiagakan sejumlah personel pada setiap rumah sakit yang menjadi tempat perawatan warga Surabaya yang menjadi korban luka laka lantas.

Ada tiga hingga lima personel yang disiagakan di rumah sakit untuk membantu memenuhi setiap kebutuhan pasien beserta keluarganya.

"Jadi, nanti semua kebutuhan dari pasien yang dirawat dan dari keluarga yang merawat dan membutuhkan apapun, tolong sampaikan kepada BPBD. Mulai kebutuhan makan, kebutuhan untuk apapun itu tolong tidak perlu bingung. Tetap duduk di tempat atau cari yang baju oranye dari BPBD Kota Surabaya," katanya.

Diketahui, bus PO Ardiansyah bernomor polisi S 7322 UW yang mengangkut sekitar 31 wisatawan asal Surabaya menabrak tiang variable message sign (VMS) di KM 712.400A Tol Surabaya-Mojokerto pada Senin (16/5/2022) pagi.

Bus tersebut sedang dalam perjalanan pulang dari Yogyakarta ke Surabaya.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 14 penumpang tewas dan 19 lainnya mengalami luka berat hingga ringan. Korban yang mengalami luka menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di Mojokerto dan Gresik.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/17/100531878/bantu-korban-kecelakaan-bus-pariwisata-pemkot-surabaya-siagakan-personel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke