Salin Artikel

Survei ARCI, Mayoritas Warga Jatim Ingin Khofifah Maju Lagi di Pilgub Jatim daripada Pilpres 2024

Hasil survei menyebut 62,4 persen warga berharap Khofifah tetap maju sebagai calon gubernur Jatim, sementara 21, 7 persen ingin Khofifah maju di ajang Pilpres.

Sementara 15,9 persen sisanya tidak menjawab.

Survei yang dilakukan ARCI digelar di 38 kabupaten/kota di Jatim pada 11-25 April 2022.

Survei menggunakan metode multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang berpartisipasi, dengan margin of error sebesar 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Dari hasil survei bisa dikatakan sebagian besar responden ingin Khofifah melanjutkan kepemimpinannya lewat Pilkada Jatim," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Jumat (13/5/2022).

Survei juga memotret elektabilitas sejumlah tokoh politik di Jatim jelang Pilkada Jatim 2024.

Hasinya Khofifah Indar Parawansa memiliki elektabilitas tertinggi dengan angka 40,3 persen.

Di bawah Khofifah, ada Emil Dardak dengan elektabilitas 10,03 persen.

"Khofifah yang saat ini menjabat Gubernur Jatim menempati posisi puncak. Terpaut jauh dengan Emil Dardak yang saat ini menjabat wakil Khofifah," ujar Baihaki.


Di posisi ketiga ada Saifullah Yusuf (Wali Kota Pasuruan) dengan 7,2 persen, disusul La Nyalla Matalitti (Ketua DPD RI) 7,1 persen, dan Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi) 6,7 persen.

Lalu di bawahnya ada Anwar Sadad (Ketua Partai Gerindra Jatim) 5,7 persen, Tri Rismaharini (Menteri Sosial) 5,3 persen,

Sarmuji (Ketua Golkar Jatim) 4,5 persen, dan Kusnadi (Ketua PDIP Jatim) dengan elektabilitas 3,1 persen.

"Jika Khofifah maju Pilpres, maka kontestasi Pilkada Jatim akan berlangsung sengit karena nama lain elektabilitasnya masih 10 persen bahkan banyak yang di bawah 10 persen," jelasnya.

Adapun populasi survei ARCI menyasar seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah.

"Responden terpilih kami wawancarai lewat tatap muka oleh tim Surveyor ARCI yang terlatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel (responden) didatangi kembali oleh supervisor atau spot check dalam quality control," ujar dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/14/063740378/survei-arci-mayoritas-warga-jatim-ingin-khofifah-maju-lagi-di-pilgub-jatim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke