Salin Artikel

Bikin Resah Warga, Sarang Tawon Vespa Affinis di Lumajang Dievakuasi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, harus mengevakuasi sarang tawon karena kerap mengganggu aktivitas warga. Sebab, keberadaan sarang tawon vespa affinis itu dekat dengan permukiman warga.

Dalam sebulan terakhir, petugas Damkar telah menerima lima kali laporan warga tentang keberadaan sarang tawon berukuran besar. Salah satunya adalah sarang tawon yang berada di dekat rumah Hasan Maulana, warga Desa Labruk Kidul, Kecamatan Sumbersuko. Sarang tawon itu menempel di pohon nangka.

Ukuran sarang tawon itu cukup besar. Yakni, berdiameter 30 sentimeter dan panjang 50 sentimeter atau setara dengan buah nangka pada pohon tersebut.

Hasan khawatir keberadaan sarang tersebut mengancam keselamatan putranya. Sebab, ia mengaku pernah menjadi korban sengatan tawon itu.

"Di sini banyak anak-anak, khawatir pas ganggu mereka, dulu pernah saya kena sengat juga di tangan sakitnya nggak tahan, apalagi kalau kena anak kecil," kata Hasan saat ditemui di rumahnya, Jumat (13/5/2022).

Petugas Damkar Kabupaten Lumajang sudah mengevakuasi sarang tawon itu. Proses evekuasi berlangsung kurang lebih 1 jam.

"Kendalanya karena lubangnya banyak, lebih dari tiga. Akhirnya kita masukkan kapas dikasih bensin agar tawonnya mabuk," kata Supriyo, salah satu petugas Damkar Kabupaten Lumajang.

Supriyo menambahkan, keberadaan lebah jenis vespa affinis ini perlu diwaspadai warga karena sengatannya bisa berdampak kematian.

"Vespa affinis atau tawon endas ini sengatannya bisa mematikan," tambahnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/13/192636478/bikin-resah-warga-sarang-tawon-vespa-affinis-di-lumajang-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke