Salin Artikel

Cegah PMK Meluas, Pasar Hewan di Kota Batu Akan Ditutup Sementara

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumpdag) Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, Pemkot Batu masih memproses draf dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Batu terkait penutupan pasar hewan.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Malang Raya, karena ini penyakit ini penyebarannya cepat, ya harapan kita kalau menutup (pasar hewan) bersama-sama," kata Eko saat diwawancarai di Kantor Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Jumat (13/5/2022).

Satu pasar hewan di Kota Batu rencananya akan ditutup mulai Minggu (15/5/2022) hingga waktu yang belum ditentukan atau menunggu hingga wabah PMK melandai. 

Pihaknya telah mensosialisasikan rencana penutupan pasar hewan kepada para pedagang. Dia berharap pedagang dapat memaklumi dan memahami situasi dan kondisi yang ada.

"Sudah kami komunikasikan dulu bahwa persoalan ini adalah persoalan bersama dan harus dipahami untuk mengantisipasi PMK lebih awal, jangan sampai menyebar ke mana-mana," katanya.

Eko juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dalam mengonsumsi daging atau susu sapi asalkan telah dimasak dengan matang. Sebab, wabah PMK tidak menularkan ke manusia.

Dia juga berharap harga sapi tidak anjlok menjelang Idul Adha.

"Bagi daerah yang belum terinfeksi sapinya dengan PMK bisa mengantisipasi sejak awal sehingga harapan kita produksi ternak ini masih bisa terjaga baik daging maupun susu," katanya.

Dari data yang diperoleh Kompas.com hingga Kamis (12/5/2022), terdapat 42 sapi dan 5 kambing yang bergejala dengan wabah PMK di Kota Batu.

Kemudian juga terdapat dua sapi yang mati yakni berusia muda atau pedet dan satunya belum diketahui apakah terjangkit PMK atau tidak.

Semua hewan ternak tersebut hanya berada di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji.

Pemkot Batu juga telah melakukan lockdown terhadap hewan ternak yang ada di wilayah tersebut untuk tidak boleh keluar dan masuk.

Meski begitu, tidak ada hewan ternak yang dipotong paksa atau ditangani dengan pemberian seperti vitamin dan antibiotik.

Terlihat sapi yang bergejala PMK juga rata-rata memiliki luka pada bagian tubuhnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/05/13/165812778/cegah-pmk-meluas-pasar-hewan-di-kota-batu-akan-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke